1,4 Juta Peserta Didik Kota Tangerang Dapat Program Pendidikan Gratis

Mereka duduk di bangku TK hingga kuliah

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 1,4 juta peserta didik di Kota Tangerang mendapatkan akses pendidikan gratis hingga tahun 2023. Mereka berasal dari berbagai tingkat pendidikan mulai taman kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

"Total ada 1.882 sekolah dan perguruan tinggi yang menerima program ini," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, Senin (16/10/2023). Dia merinci 768 TK, 555 SD, 263 SMP, 238 SMA, dan 58 perguruan tinggi.

Baca Juga: Rekomendasi Apartemen Mewah di Tangerang

1. Peserta didik juga mendapatkan insentif per bulan

1,4 Juta Peserta Didik Kota Tangerang Dapat Program Pendidikan GratisDok. Pemkot Tangerang

Arief menuturkan, peserta didik yang mendapatkan program pendidikan gratis tersebut juga mendapatkan insentif per bulannya dari Pemkot Tangerang dengan nominal yang berbeda di setiap tingkat pendidikan. Untuk peserta didik tingkat SD, peserta mendapatkan Rp80 ribu per bulan, sedangkan untuk tingkat SMP mendapatkan Rp100 ribu per bulan. 

"Kemudian Program Bantuan Biaya Operasional Reguler sekolah gratis untuk sekolah swasta, dengan mendukung 73 SD swasta dan 73 SMP swasta,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk dukungan pendidikan pada perguruan tinggi, Pemkot memberikan mahasiswa bantuan biaya pendidikan sebesar Rp6 juta per tahun.  "Hingga tahun 2023, sudah ada 564 penerima bantuan (mahasiswa)," jelasnya.

2. Peserta didik di sekolah inklusi juga mendapatkan bantuan

1,4 Juta Peserta Didik Kota Tangerang Dapat Program Pendidikan GratisDok. Pemkot Tangerang

Tak hanya itu, bantuan pendidikan juga diberikan untuk 79 sekolah inklusi, termasuk 13 TK, 53 SD negeri, dan 13 SMP negeri. Ini untuk memastikan akses pendidikan bagi peserta didik disabilitas. 

“Dengan demikian akan terbentuk generasi muda yang tak hanya berpendidikan akan tetapi bertanggung jawab pada masa depan bangsa Indonesia, khususnya di Kota Tangerang,” jelasnya.

3. Arief berharap, program pendidikan gratis ini bisa menekan angka tawuran pelajar

1,4 Juta Peserta Didik Kota Tangerang Dapat Program Pendidikan GratisDok. Pemkot Tangerang

Pemberian pendidikan gratis tersebut, kata Arief, juga menjadi salah satu upaya untuk mengatasi masalah tawuran dan dampak buruk lainnya yang saat ini meresahkan masyarakat. Pemkot Tangerang, kata dia, terus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang baik bagi masyarakat.

Diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, tawuran antar pelajar dan dampak negatif lainnya--termasuk peningkatan angka kenakalan remaja--telah menjadi perhatian serius pemerintah pusat maupun daerah. Pasalnya, kasus-kasus itu ikut berdampak pada keamanan dan kenyamanan masyarakat, tak terkecuali di Kota Tangerang. 

“Dengan pendidikan gratis dapat menghilangkan hambatan ekonomi yang mungkin menjadi salah satu pemicu tawuran, serta mendorong para pelajar lebih fokus pada pendidikan," kata dia.

Menurut Arief, akses pendidikan yang lebih mudah dapat membantu remaja untuk menghindari perilaku negatif, seperti tawuran, bullying dan lain-lain.

Lebih lanjut, program tersebut, bukan hanya tentang peningkatan pendidikan, tetapi juga berperan dalam mendorong perkembangan ekonomi dan mengurangi dampak ekonomi buruk di Kota Tangerang. 

“Keluarga yang sebelumnya mungkin kesulitan membiayai pendidikan anak-anak mereka, kini dapat menghemat dana yang dapat digunakan untuk keperluan lain,” kata Arief. 

Baca Juga: Pj Bupati Pastikan Stok Beras Aman di Kabupaten Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya