Belasan Penyandang Disabilitas di Tangerang Dapat Alat Bantu

Bantuan tersebut bernilai Rp28.862.000

Tangerang, IDN Times - Sebanyak 17 penyandang disabilitas mendapatkan bantuan alat bantu aksesibilitas untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas dari Kementerian Sosial (Kemensos). 

Atas arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sentra Mulya Jaya menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa Alat Bantu Dengar (ABD) dan Tongkat Adaptif kepada 17 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

"Total bantuan yang diberikan senilai Rp28.862.000 untuk 2 penyandang disabilitas sensorik netra dan 15 penyandang disabilitas rungu wicara," kata Adrianus Alla, Kepala Sentra Mulya Jaya Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Siagakan Petugas Dishub di Pusat Perbelanjaan

1. Penyandang disabilitas juga diberikan tutorial pengunaan alat

Belasan Penyandang Disabilitas di Tangerang Dapat Alat BantuIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tidak hanya menyerahkan bantuan, tim Sentra Mulya Jaya Jakarta juga mengenalkan cara pemasangan dan penggunaan tongkat adaptif, terutama pengenalan terhadap berbagai fitur yang ada pada tongkat adaptif berupa sensor air, sensor api, sensor asap dan sensor jarak.

"Tutorial ini dilakukan agar mereka dapat beradaptasi menggunakan alat bantu tersebut demi memudahkan aktivitas sehari-sehari para penyandang disabilitas," jelasnya.

2. Dinsos Kabupaten Tangerang sebut pemberian alat bantu bisa ringankan kebutuhan

Belasan Penyandang Disabilitas di Tangerang Dapat Alat BantuIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tangerang Sapto berharap upaya ini terus berlanjut dan memperkuat sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Ini merupakan program yang sangat bagus dan tepat sasaran untuk memberikan bantuan. Kami sangat berterimakasih dan berharap kerjasama ini terus berlangsung. Manfaatnya langsung terasa bagi para penerima", ujar Sapto.

3. Penyandang disabilitas sebut alat bantu dengar sangat membantu aksesibilitasnya

Belasan Penyandang Disabilitas di Tangerang Dapat Alat BantuIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pemenuhan kebutuhan aksesibilitas ini dirasakan oleh Siti, penyandang disabilitas rungu wicara yang menerima bantuan Alat Bantu Dengar. 

"Terima kasih banyak atas bantuan dari Kemensos. Alhamdulillah alat bantu ini bisa membantu saya mendengar lagi," ungkap Siti.

Baca Juga: Minta Pemudik Tak Bawa Saudara ke Tangerang, Zaki: Pekerjaan Sulit

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya