Gak Mau Antre di Bandara Soetta? Intip Aplikasi Travelin 

Penumpang bisa lewat fast track lane di pemeriksaan X-Ray

Tangerang, IDN Times - Antrean check-in dan penyerahan bagasi menjadi salah satu hal yang melelahkan saat periode angkutan mudik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Pasalnya, banyak masyarakat yang memanfaatkan libur panjang Lebaran untuk bertemu keluarga di kampung halaman maupun berlibur.

Untuk menyiasati hal tersebut, PT Angkasa Pura II selaku pengelola pintu gerbang Indonesia tersebut mengeluarkan aplikasi Travelin, yang bisa digunakan agar calon penumpang tak perlu lagi antre panjang.

"Untuk calon penumpang, kami mengimbau, untuk mempercepat tanpa melalui proses antrean, teman-teman calon penumpang bisa mengaktifkan layanan dari PT Angkasa Pura II, namanya layanan Travelin," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Rabu (19/4/2023) di Terminal Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik, Antrean di Bandara Soetta Mulai Terlihat

1. Calon penumpang bisa check-in di aplikasi tanpa antre

Gak Mau Antre di Bandara Soetta? Intip Aplikasi Travelin IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Awaluddin mengungkapkan, untuk menggunakan aplikasi ini, calon penumpang bisa mengunduhnya di App Store atau Playstore secara gratis, lalu isi data diri serta nomor tiket penerbangan yang biasanya tertera saat membeli.

"Nanti kalau sudah check-in, bisa memberikan bagasi atau barang bawaan di counter bagasi saja, tidak perlu antre untuk check-in lagi, lebih cepat," ujar Awaluddin.

2. Penumpang juga tak perlu lagi antre masuk di Security Check Point 2

Gak Mau Antre di Bandara Soetta? Intip Aplikasi Travelin IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Saat akan naik pesawat, calon penumpang bakal melewati dua pemeriksaan Security Check Point (SCP), yakni pertama di pintu masuk sebelum check-in dan yang kedua saat akan masuk ke ruang tunggu pesawat.

Biasanya, saat periode mudik ini SCP2 akan mengantre lantaran pemeriksaannya yang lebih ketat, di mana calon penumpang bakal diperiksa boarding pass dan data diri, barang bawaan, hingga pemeriksaan X-Ray.

"Untuk pengguna Travelin, bisa memanfaatkan Travelin Lane Fast Track di SCP2, jadi tidak perlu antre lagi," jelasnya.

3. Pemeriksaan data diri melalui face recognition

Gak Mau Antre di Bandara Soetta? Intip Aplikasi Travelin IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tidak sampai di situ, pemeriksaan data diri untuk pengguna aplikasi Travelin ini juga dilakukan dengan menggunakan face recognition atau pengenalan wajah secara otomatis melalui kamera yang terpasang di Travelin Lane Fast Track sebelum memasuki SCP2.

"Jika sudah mendaftarkan data diri, check-in, dan proses menuju ruang tunggu pesawat lainnya, alat Face Recognition tersebut bakal bisa membaca dan pintu otomatis pun bakal terbuka, tidak perlu diperiksa fisik lagi oleh petugas Avsec," tutur Awaluddin.

Ia pun berharap, masyarakat bisa memanfaatkan aplikasi Travelin tersebut dengan maksimal. Agar pelayanan kebandarudaraan bisa lebih optimal dan efisien.

"Kita terus sosialisasikan agar masyarakat tahu mengenai kemudahan ini," kata dia.

Baca Juga: Bandara Soetta Terima 1.647 Extra Flight Antisipasi Mudik Lebaran 2023

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya