Puncak Arus Mudik, Antrean di Bandara Soetta Mulai Terlihat

Perpanjangan cuti bersama buat pergerakan penumpang tersebar

Tangerang, IDN Times - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) memprediksi puncak arus mudik akan terjadi mulai hari ini, Rabu (19/4/2023). Diprediksi, ada 146 ribu pergerakan penumpang yang datang dan pergi di Bandara Soetta.

"Traffic tertinggi sebelum lebaran itu, kemarin. Tapi kita proyeksi hari ini akan lebih tinggi. Kemaren Bandara Soetta itu ada 1.300 pergerakan pesawat dan pergerakan penumpang sampai jam 5 subuh tadi ada 146 ribu," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin.

Baca Juga: Bandara Soetta Terima 1.647 Extra Flight Antisipasi Mudik Lebaran 2023

1. Antrean di counter check-in mulai terlihat

Puncak Arus Mudik, Antrean di Bandara Soetta Mulai TerlihatIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Pantauan IDN Times di Terminal 3 Bandara Soetta, antrean di counter check-in maskapai-maskapai dengan penerbangan domestik mulai terlihat. Mayoritas, mereka membawa bagasi yang cukup banyak, sehingga meskipun sudah check-In di mesin check-in mandiri, tetap harus menyetorkan bagasi ke maskapai.

Meski mengantre, banyak petugas baik dari PT Angkasa Pura II maupun pihak maskapai yang membantu mengarahkan calon penumpang agar bisa melakukan check-in lebih cepat.

2. Pergerakan penumpang tak menumpuk di satu hari lantaran cuti bersama diperpanjang

Puncak Arus Mudik, Antrean di Bandara Soetta Mulai TerlihatIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Awaluddin mengungkapkan, diperpanjangnya cuti bersama membuat pergerakan penumpang lebih tersebar di periode mudik. Sehingga, tidak ada penumpukan penumpang di satu hari saja.

"Pada saat pemerintah menetapkan dimajukannya libur itu, kita sangat terdampak dan operator bandara itu sangat membantu sekali. Saya gak kebayang kalau misalnya arus puncaknya itu tanpa adanya kegiatan cuti bersama itu dimajukan, itu bisa numpuk semua di tanggal 21 (April)," jelasnya.

3. Rute Jakarta-Kualanamu jadi destinasi favorit nomor 1 pada periode mudik

Puncak Arus Mudik, Antrean di Bandara Soetta Mulai TerlihatIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Untuk rute favorit sendiri, Bandara Soekarno-Hatta - Bandara Kualanamu menjadi rute destinasi favorit pada periode mudik ini. Sementara Bandara Ngurah Rai, Bali menjadi destinasi favorit kedua disusul oleh Surabaya, Makassar, dan Padang.

"Jadi memang periode mudik ini juga digunakan masyarakat untuk berlibur, bukan hanya mudik," tuturnya.

Baca Juga: 300 Anak Yatim di Sekitar Bandara Soetta Dapat Santunan Lebaran

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya