Kala Suara Angklung Menggema di Terminal 3 Soetta

Hal tersebut dalam rangkaian kegiatan parade budaya HUT RI

Tangerang, IDN Times - Suara dari alat musik angklung menggema di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada Rabu (16/8/2023). Berbagai lagu kebangsaan, mulai dari Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Raya, Yamko Rambe Yamko, hingga Si Jali Jali, mengalun indah.

Ini merupakan bagian dari parade budaya dalam rangka menyambut hari kemerdekaan ke-78 RI. Pengelola Bandara Soetta memberi kesempatan mulai dari petugas hingga penumpang untuk mencoba memainkan alat musik angklung. 

Bahkan, Menteri BUMN Erick Thohir pun ikut mencoba memainkan alat musik khas Sunda itu.  

"Sejak awal saya menginisiasi saya ingin menjadikan airport ini sebagai etalase kebudayaan.  Jadi ini sudah berjalan sebenarnya di Bandara Jogja, Jakarta, dan Bali, tapi terhenti karena COVID, akhirnya sekarang mulai lagi," ujar Menteri Erick Thohir.

Baca Juga: Aplikasi Travelin untuk Penumpang Bandara Soetta, Ini Fiturnya

1. Penumpang terkejut saat ada flashmob lagu daerah

Kala Suara Angklung Menggema di Terminal 3 SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Dalam parade budaya ini, pemain profesional angklung dari Tim Muhibah Angklung ikut memainkan alat musik sembari membawakan sejumlah lagu daerah. Saat lagu Si Jali Jali asal Jakarta mengalun, tiba-tiba muncul flashmob dari para penari, di tengah-tengah Terminal 3. Para penari itu juga mengajak pengguna jasa bandara hingga Menteri BUMN untuk menari bersama.

Menteri Erick pun terlihat malu-malu saat akan berjoget dan hanya menggerakkan tangannya sambil merekam aksi flashmob tersebut dengan ponselnya.

"Kita ingin mengingatkan kembali kepada generasi muda, harus cinta budaya karena mereka masa depan kita ini, nasionalisme harus jadi pijakan," ujarnya.

2. Angklung jadi simbol Bhineka Tunggal Ika

Kala Suara Angklung Menggema di Terminal 3 SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Menteri Erick mengungkapkan, dipilihnya angklung untuk parade budaya kali ini lantaran orkestrasi angklung dianggap sebagai diorama kebangsaan Indonesia.

"Ini tiap-tiap angklung berbeda nada, tapi kalau disatuin indah banget. Nah itulah Indonesia. Jangan terpisah-pisah sebagai bangsa," jelasnya.

3. WNA juga ikut menonton parade budaya tersebut

Kala Suara Angklung Menggema di Terminal 3 SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya warga negara Indonesia, warga negara asing (WNA) pun ikut menonton parade budaya tersebut. Mereka bahkan terlihat merekam dan menikmati pertunjukan tersebut. Tak hanya itu, dua WNA asal Italia pun terlihat meminta swafoto dengan Erick Thohir.

"Dia liburan tiga minggu, ya alhamdulillah kita memang harus meningkatkan yang namanya traffic turis dari luar negeri ya kalo kita liat data-data kita masih jauh tertinggal dari negara tetangga, tapi kita berkolaborasi untuk memperbaiki wisata-wisata," ungkapnya.

4. Angklung bergema saat traffic penerbangan sedang tinggi

Kala Suara Angklung Menggema di Terminal 3 SoettaIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II M Awaluddin mengatakan, dalam menyambut kemerdekaan ini, potensi Bandara Soekarno-Hatta untuk bisa berpartisipasi meramaikan kemerdekaan ini cukup tinggi. Tak hanya itu, dengan adanya parade budaya ini, Bandara Soetta terbuka bagi seluruh komunitas, terutama budaya.

"Hari ini kalau saya itu hampir 32 penerbangan selama 1 jam ini, 18 penerbangan internasional dan 14 penerbangan domestik, jadi memang sore hari internasional ini sedang ramai sekitar 2 ribu-an passengers di area ini," kata Awaluddin.

Baca Juga: Bandara Soetta Jadi Bandara Tersibuk di ASEAN Versi ACI

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya