TPA Terbakar, Pemkot Jamin Tak Hentikan Pengangkutan Sampah

Pemkot Tangerang minta bantuan water bombing dari pusat

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang menjamin akitivitas pengangkutan sampah dari wilayah-wilayah Kota Tangerang tak akan terganggu, meski kebakaran masih melanda TPA Rawa Kucing. Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Tangerang, Mualim.

"Kita berharap agar apinya segera bisa dipadamkan dan layanan pengangkutan sampah tidak terganggu. Kami pemerintah kota Tangerang akan berusaha semaksimal mungkin agar layanan pengangkutan sampah terus berjalan," ujar Mualim, Sabtu (21/10/2023).

Baca Juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Berawal di Area Landfill

1. Pemkot Tangerang masih berupaya meminta unit water bombing ke pemerintah pusat

TPA Terbakar, Pemkot Jamin Tak Hentikan Pengangkutan SampahDok. Pemkot Tangerang

Hingga saat ini, kobaran api di TPA Rawa Kucing masih menyala. Asap pun mulai menyebar ke sekitar pemukiman warga yang ada di sekitar TPA. Pemkot Tangerang pun terus meminta bantuan kepada pemerintah pusat agar mengirimkan mobil water bombing untuk mempercepat pemadaman.

"Pak Wali tadi juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk meminta bantuan water bombing dan Pak Wakil tadi juga sudah meninjau lokasi kebakaran. Dan alhamdulillah tadi dari Pemkot Tangsel dan juga Angkasa Pura juga telah membantu mengirimkan masing-masing dua unit mobil damkar," katanya.

Baca Juga: Dishub Tangerang Tutup Akses Jalan ke TPA Rawa Kucing 

2. Bantuan dari daerah dan unit sekitar sudah berdatangan

TPA Terbakar, Pemkot Jamin Tak Hentikan Pengangkutan SampahDok. BPBD Kota Tangerang

Selain itu, sederet bantuan pun telah berdatangan, antara lain dari Kota Tangerang Selatan yaitu dua unit pemadam dan 10 personel; Kabupaten Tangerang tiga unit kendaraan pemadam dan 10 personel; Provinsi Banten 31 unit tangki, satu kendaraan Firedoom dan tujuh personel; dan DKI Jakarta dengan dua unit pemadam dan 10 personel. Tak ketinggalan Bandara Soetta dengan dua unit pemadam dan empat personel.

"Kondisi terakhir, laporan pukul 22.00 WIB seluruh petugas masih berjuang melakukan pemadaman. Kondisi terkini, asap tebal menyeliputi seluruh lokasi kejadian, efeknya membuat mata perih dan jarak pandang terbatas," kata Maryono Hasan selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang.

3. Total ada 534 personel yang berupaya memadamkan api

TPA Terbakar, Pemkot Jamin Tak Hentikan Pengangkutan SampahDok. Pemkot Tangerang

Sebagai informasi Pemerintah Kota Tangerang telah mengerahkan 34 mobil damkar dan kurang lebih 534 personel dari BPBD, Dishub, PUPR, Budpar, Dinkes dan PDAM untuk memadamkan kebakaran di TPA Rawa Kucing.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena suhu panas yang ekstrim yang terjadi pada hari ini di wilayah Kota Tangerang ditambah angin kencang di wilayah tersebut.

Baca Juga: Diduga Akibat Cuaca Panas, TPA Rawa Kucing Tangerang Kebakaran

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya