4 Ribu Warga Kota Tangerang Ajukan Diri Jadi Penerima Set Top Box

Indonesia menuju siaran TV digital

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti menjelaskan, saat ini Kota Tangerang sudah masuk dalam pendataan tahap dua penetapan penerima bantuan set top box. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tengah mendorong Indonesia menuju siaran TV digital.

Sebelumnya, pendataan tahap pertama permohonan bantuan set top box (STB) sudah ditutup pada 28 Juni, melalui permohonan di Sistem Aplikasi Bantuan Kota Tangerang (Sabakota). Dalam tahap pertama ini, ada 4 ribu permohonan yang masuk.

“Selanjutnya, jajaran wilayah yang akan melakukan verifikasi ke lapangan. Jadi, permohonan bantuan ini sudah kembali dibuka sebagai tahap dua hingga 26 Juli mendatang. Ini menjadi waktu perpanjangan dari Kementerian untuk Kota Tangerang lebih mengoptimalisasikan usulan bantuan set top box ini,” kata Indri dalam keterangan tertulis, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Dorong Transformasi Digital, Pemerintah Siapkan Rp25,4 Triliun

1. Kemkominfo terus lakukan monitoring

4 Ribu Warga Kota Tangerang Ajukan Diri Jadi Penerima Set Top BoxKementerian Komunikasi dan Informasika (Kemkominfo) Johnny G. Plate dalam peluncuran program literasi digital nasional (youtube.com/kemkominfo TV)

Direktorat Pengembang Pita Lebar Kemenkominfo, M Adhi Utama mengatakan, pihaknya tengah melakukan monitoring kelengkapan data penerima yang dibutuhkan Kemenkominfo dalam program pemberian set top box ini.

"Kita ketahui, Kota Tangerang menjadi salah satu kota yang cukup cepat melakukan pendataan, dengan itu kita ingin melihat secara jelas dan pasti bagaimana proses pendataannya,” kata M Adhi Utama.

2. Sebagian set top box didistribusikan secara door to door

4 Ribu Warga Kota Tangerang Ajukan Diri Jadi Penerima Set Top BoxSeorang pria terlihat membeli set top box di toko Hanko Elektronik Jalan Mataram, Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia menjelaskan, sebagian set top box akan didistribusikan secara door to door oleh Kementerian secara langsung, karenanya proses pendataan dilakukan dua tahap.

“Kota Tangerang masuk dalam wilayah Nielsen atau wilayah dengan pemirsa TV yang cukup tinggi. Jadi, kami harapkan, Kota Tangerang dapat segera mempercepat pendataan penerimaan set top box," kata dia.

Karena, lanjutnya, target di Jabodetabek termasuk Kota Tangerang selesai pada 25 Agustus mendatang sudah Analog Switch Off (ASO).

3. Pemerintah pusat dorong warga beralih ke TV digital

4 Ribu Warga Kota Tangerang Ajukan Diri Jadi Penerima Set Top BoxIlustrasi tayangan siaran televisi digital. (Tim Komunikasi Publik dan Edukasi Migrasi TV Digital)

Kominfo tengah mendorong Indonesia menuju siaran TV digital. Oleh karena itu, mereka mendorong agar masyarakat menggunakan Set Top Box (STB) yang sudah tersertifikasi.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, menyatakan sebanyak 36 merek STB telah mendapatkan sertifikat resmi dari pemerintah. STB ini telah dipasarkan dengan jaminan kualitas serta harga yang terjangkau.

“Saat ini di Kementerian Kominfo tercatat 36 merek set top box telah tersertifikasi, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan set top box dengan berbagai penawaran fitur dan harga,” tutur Usman dalam keterangan resmi Kominfo, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Jemaah Haji Asal Tangerang Wajib Lapor Puskesmas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya