44 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Mulai Vaksin Booster Kedua Lansia

Ini syaratnya

Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang telah menginstruksikan kepada 44 puskesmas di Kabupaten Tangerang untuk memulai vaksinasi COVID-19 booster kedua atau suntikan keempat diperuntukkan bagi lansia di atas 60 tahun.

Informasi diperoleh kebijakan itu sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI bernomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia.

Baca Juga: Kota Tangerang Salurkan Bansos, Per Keluarga Dapat Rp300 Ribu

1. Seluruh puskesmas sudah memulai

44 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Mulai Vaksin Booster Kedua LansiaVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Kepala Seksi Survailan, Imunisasi dan Penanggulangan Krisis pada Dinkes Kabupaten Tangerang, H Toha mengatakan sesuai surat edaran itu maka layanan vaksin Booster Kedua berlaku efektif sejak ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu pada tanggal 22 November 2022.

Dikatakan pihaknya telah menginformasikan kepada seluruh Puskesmas untuk memulai melaksanakan vaksinasi booster kedua tersebut.

“Adapun jenis vaksin yang diberikan di antaranya Pfizer atau Indovac yang buatan Indonesia,” ujarnya.

2. Ini syarat pemberian booster kedua

44 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Mulai Vaksin Booster Kedua LansiaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pemberian dosis vaksin pada booster kedua ini serupa dengan booster pertama dan manfaatnya pun sama, yaitu untuk mengurangi tingkat keparahan bahkan kematian, akibat COVID-19.

Hal inipun mengingat baru-baru ini masyarakat banyak terinfeksi varian XBB yang menyebabkan kasus harian COVID-19 di Indonesia melonjak naik beberapa waktu terakhir.

Diinformasikan vaksinasi COVID-19 booster kedua untuk lansia ini, bisa diberikan sekurang-kurangnya enam bulan sejak booster pertama diberikan.

3. Lansia diminta segera mendaftar

44 Puskesmas di Kabupaten Tangerang Mulai Vaksin Booster Kedua LansiaGunung Merapi siaga, 133 lansia mulai diungsikan pada Sabtu (7/11/2020). IDN Times/Tunggul Damarjati

Sementara bagi lansia yang belum booster pertama segera untuk segera mendapatkan booster pertama. “Kami mengimbau agar para lansia untuk bisa memastikan vaksinasi primernya harus dilengkapi dulu,” kata H Toha.

Dia juga mengajak masyarakat yang belum vaksinasi maupun yang belum melengkapi dosis primer juga booster, terutama pada lansia agar segera memvaksinasi di puskesmas terdekat.

Baca Juga: Vaksinasi Booster Kota Tangerang Dibuka di Sejumlah Lokasi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya