Antisipasi Cuaca Ekstrem, Dinsos Kota Tangerang Mobilisasi Tagana

Ratusan personel Tagana bersiaga

Kota Tangerang, IDN Times - Antisipasi cuaca ekstrem, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang menyiapkan pasukan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana). Salah satu fungsinya adalah menyediakan logistik jika bencana datang. 

"Serta melakukan piket siaga banjir dari pasukan Tagana sebanyak 20 orang per harinya," kata Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Saat Ancaman Cuaca Ekstrem, 1 Alat Deteksi Tsunami di Banten Rusak 

1. Warga mesti waspada cuaca ekstrem

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Dinsos Kota Tangerang Mobilisasi TaganaIlustrasi prediksi cuaca BMKG (IDN Times/bmkg.go.id)

Selain itu, Mulyani juga mengimba masyarakat untuk tetap waspada pada kemungkinan cuaca ekstrem.

"Untuk masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem ini, serta bilamana ada keadaan darurat bencana bisa menghubungi pasukan Tagana di wilayah masing-masing," ujarnya.

2. Ratusan personel Tagana bersiaga

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Dinsos Kota Tangerang Mobilisasi TaganaDok. Pemkot Tangerang

Ketua Tagana Kota Tangerang, Fathurrohman menyampaikan sebanyak 141 anggota telah bersiaga dalam menghadapi kemungkinan cuaca ekstrem.

"Pasukan telah dipersiapkan ada Tagana Muda sebanyak 28 orang, serta Tagana Senior ada 40, dan untuk total keseluruhannya ada 141. Mereka telah dilatih dalam penanganan pengungsi, seperti menyiapkan dapur umum, serta melakukan monitoring ke wilayah rawan bencana," ucap Fathur.

3. Hadapi cuaca ekstrem, Pemkot Tangerang bersiaga

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Dinsos Kota Tangerang Mobilisasi TaganaDok. Pemkot Tangerang

Pemerintah Kota Tangerang mengambil sejumlah langkah antisipatif sebagai tindak lanjut dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang memprediksi potensi terjadinya hujan ekstrem hingga badai di wilayah Jabodetabek pada tanggal akhir Desember 2022.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang untuk dapat waspada. Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang juga telah melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisir dampak dari cuaca ekstrem yang akan terjadi.

“Masyarakat diharap untuk tetap tenang, namun waspada terhadap kemungkinan yang bisa terjadi,” ujar Arief, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Rayakan Tahun Baru Bebas Hujan di Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya