Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Tangerang Tebangi Pohon

Pohon yang ditebang ada kriterianya

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang memangkas pohon-pohon yang rawan tumbang di sejumlah titik di Kota Tangerang. Pemangkasan itu sekaligus upaya antisipatif dalam menghadapi cuaca ekstrem di Kota Tangerang. 

Kepala Disbudpar Rizal Ridolloh menegaskan bahwa penebangan pohon sudah dilakukan sejak bulan November 2022 dengan pemangkasan pohon-pohon rawan tumbang di 50 titik di wilayah Kota Tangerang, yang dilakukan berdasarkan tim survei internal.

“Kita (menebang pohon) sesuai permintaan dari masyarakat dan mengantisipasi (cuaca ekstrem). Memang kita ada tim survei,” kata Rizal, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, Dinsos Kota Tangerang Mobilisasi Tagana

1. Puluhan personel disiagakan

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Tangerang Tebangi PohonPohon Ilustrasi pohon tumbang tutup akses jalan. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Selain itu, Disbudpar Kota Tangerang telah menyiagakan 75 personel yang terdiri dari 15 orang tim tebang dan 60 orang tim Brigade lengkap beserta peralatannya.

“Kami juga menyiapkan beberapa 4 mobil skyline. Ada peralatan-peralatan seperti mesin potong dan kampak juga kita persiapkan," ujar dia.

2. Pohon yang dinilai gak estetik juga ditebang

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Pemkot Tangerang Tebangi Pohonetugas PPSU dan Sudin Pertamanan Jakarta Timur mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa JPO Gelanggang Olahraga di Jalan Otista Raya, Jakarta, Selasa (9/11/2021) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Selain itu, menurutnya kriteria pohon yang menjadi sasaran Disbudpar untuk ditebang merupakan pohon-pohon yang sudah berumur tua dan mengganggu estetika perkotaan di Kota Tangerang.

“Seperti menghalangi PJU gitu ya, terus menghalangi apa namanya, gapura dan lain-lain, itu coba kita pangkas.  Kalau seperti itu, kalau dibutuhkan kita potong kita potong,” katanya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya