Antisipasi ISPA dan Polusi, Jangan Sentuh Wajah dan Pakai Masker

Warga diminta kurangi aktivitas di luar rumah

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau masyarakat untuk tidak menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata, saat berada di luar rumah. Ini  merupakan salah satu cara agar warga terhindar dari virus atau bakteri, terkait maraknya kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Hal tersebut menyusul adanya peningkatan kasus ISPA selama munculnya pencemaran udara dipicu musim kemarau yang tengah berlangsung.

"Menutup mulut dan hidung dengan tisu atau tangan ketika bersin. Hal ini mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain," kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Anggraeni dikutip dari kantor berita ANTARA, Selasa (22/8/2023).

Baca Juga: Kasus ISPA di Kota Tangerang Meningkat, Diduga Karena Polusi Udara

1. Masyarakat diminta mengurangi aktivitas di luar rumah

Antisipasi ISPA dan Polusi, Jangan Sentuh Wajah dan Pakai MaskerWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Dini mengimbau, masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan di luar rumah salah satunya mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak terlalu penting.

"ISPA dapat dicegah atau diantisipasi dengan memakai masker saat bepergian, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Berhenti merokok, lakukan olahraga dengan rutin, dan rutin mencuci hidung untuk membersihkan kotoran yang menumpuk," kata Dini.

Dini mengatakan, kasus ISPA tak semata karena polusi udara, tetapi akibat dari faktor lainnya seperti polusi perokok aktif, sistem kekebalan tubuh yang melemah, atau adanya indikasi permasalahan pada jantung dan paru-paru.

Menurutnya, ISPA merupakan infeksi yang menyerang pada pernapasan atas maupun bawah, yang umumnya menyerang pada beberapa organ pernapasan mulai dari faring, hidung, laring, dan sinus.

2. Dinkes Kabupaten Tangerang minta warga gunakan masker

Antisipasi ISPA dan Polusi, Jangan Sentuh Wajah dan Pakai Maskerilustrasi anak memakai masker (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang meminta masyarakat untuk menggunakan masker guna mencegah terjangkit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada saat memasuki musim kemarau ini.

"Jadi untuk mengantisipasi ISPA ini sama seperti COVID-19, yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis.

Muchlis mengatakan, selain mengenakan masker, masyarakat juga dianjurkan untuk tetap menjaga stamina tubuh selama musim kemarau berlangsung, tujuannya agar tidak mudah terserang segala penyakit.

Kendati, perilaku hidup bersih dan sehat menjadi cara utama untuk menjaga kesehatan tubuh di berbagai kondisi seperti saat musim kemarau berlangsung.

"Karena kan ISPA ini penularannya melalui udara, jadi riskan terkena," ucapnya.

3. Penangan ISPA jadi prioritas Pemkab Tangerang

Antisipasi ISPA dan Polusi, Jangan Sentuh Wajah dan Pakai MaskerBupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kunjungi Kantor IDN Media HQ pada Senin (20/9/2022). (IDN Times/Rendy Septian Anwar)

Muchlis mengungkapkan, terkait penanganan kasus ISPA menjadi salah satu perhatian utama Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Sebab, beberapa pekan ini kualitas udara di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) kian memburuk dan hal itu pun menjadi faktor pencetusnya peningkatan kasus ISPA.

"Kalau data (kasus ISPA) saat ini saya kurang hafal. Tetapi memang kalau tidak ada pencemaran udara pun kasus IPA selalu teratas," ungkapnya.

Dia menambahkan, sesuai arahan Bupati Tangerang, pihaknya bersama instansi terkait tengah menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah meningkatnya kasus tersebut, salah satunya yaitu adalah dengan membuka ruang terbuka hijau di beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang.

"Arahan Pak Bupati juga kan kita menggalangkan penanaman pohon mangrove. Dan kemarin juga kita di lingkup pusat pemerintahan diukur kualitas udara cukup baik," pungkas Achmad Muchlis.

Baca Juga: Cegah ISPA, Pemkab Tangerang Imbau Masyarakat Pakai Masker

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya