Bansos Kemensos Jatah Akhir Tahun Disalurkan di Bulan November

Nilai rupiahnya berkurang setelah Juli

Tangerang Selatan, IDN Times - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Wahyunoto Lukman memastikan bahwa bantuan sosial (bansos) berbentuk sembako dari pemerintah pusat jatah November dan Desember bakal diserahkan seluruhnya pada bulan November ini.

Meski begitu, bansos sembako yang disalurkan setelah bulan Juli kemarin disebut Wahyu berbeda dengan sebelum Juli. Salah satu perbedaanya adalah nominal yang diterima warga penerima berkurang 50 persen.

Baca Juga: 8 Bulan Pandemik, Penyaluran Bansos Pemprov Banten Belum Rampung

1. Dari Rp600 ribu, bansos berkurang jadi Rp300 ribu

Bansos Kemensos Jatah Akhir Tahun Disalurkan di Bulan NovemberIlustrasi Resesi (IDN Times/Arief Rahmat)

Wahyu menerangkan, bansos atau belakangan disebut Banpres pada Agustus, September, Oktober, November hingga Desember nilainya berkurang dari Rp600 ribu--berupa paket yang dibagikan per-dua minggu--menjadi Rp300 ribu yang dibagikan per bulan.

"Banpres akan dilakukan sampai Desember tapi nilainya dikurangi, sampai dengan Juli nilainya Rp600 ribu setiap bulannya dibagi dua kali pemberian. Setelah Juli, masuk Agustus sampai Desember nilainya jadi Rp300 ribu pe rbulan," kata Wahyu, Kamis (5/11/2020).

2. Bansos akhir tahun cair November

Bansos Kemensos Jatah Akhir Tahun Disalurkan di Bulan NovemberPos Indonesia menyalurkan bansos tunai Kemensos (Dok. Pos Indonesia)

Wahyu mengatakan, Bansos pada akhir tahun ini semuanya bakal dilakukan pada bulan November dikarenakan pada 12 Desember sudah tutup buku.

"Sedangkan di November ini mulai turun, karena pada Desember direncanakan turun di akhir November karena Desember tutup buku per-12 Desember. Jadi pihak Kementerian menjaga mengantisipasi yang Bulan November dipercepat di awal dan Desember disalurkan pada akhir November," kata dia.

3. Sebanyak 83.195 masih terina bansos

Bansos Kemensos Jatah Akhir Tahun Disalurkan di Bulan NovemberIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Wahyu mengungkapkan, untuk di Tangsel sendiri jumlah penerima Bansos nilainya tetap sama dengan data penerima diawal program ini berjalan.

"Total yang menerima 83.195 KK masih sama dengan data yang awal," kata dia.

Baca Juga: Mensos Pastikan Bansos Tunai Masih Berlanjut hingga 2021

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya