Belajar Tatap Muka di Tangsel Ditargetkan Mulai Awal Januari 2021

Keputusan itu diambil berdasar SKB empat menteri

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memproyeksikan pembelajaran tatap muka di Tangsel bakal dimulai bertahap. Kelas tatap muka dimulai Januari 2021.

Kepala Dindikbud Tangsel Taryono menyebut, hal tersebut berdasarkan data kasus COVID-19 di Tangsel yang terus berkurang setiap hari. "Status COVID-19 di Tangerang Selatan masih zona oranye," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Taryono, Jum'at (13/11/2020).

Baca Juga: Zona Penyebaran Positif Corona di Banten Berangsur Turun 

1. Merujuk SKB empat menteri, sekolah diizinkan tatap muka asal wilayahnya zona kuning atau hijau

Belajar Tatap Muka di Tangsel Ditargetkan Mulai Awal Januari 2021Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Taryono menerangkan, merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, pembelajaran tatap muka baru bisa dilaksanakan ketika suatu wilayah dalam status zona kuning atau hijau. Dengan berpatokan pada SKB itu dan memerhatikan status wilayah Tangsel, imbuhnya, maka pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Dengan prinsip bahwa kesehatan dan keselamatan tenaga pendidik dan peserta didik diprioritaskan. Kita terus bersiap untuk itu," terangnya.

2. Persiapan terus dilakukan

Belajar Tatap Muka di Tangsel Ditargetkan Mulai Awal Januari 2021Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Taryono mengaku, persiapan pembelajaran tatap muka seperti menyiapkan seluruh protokol COVID-19 di sekolah dengan baik. Selain itu, para tenaga pendidik juga dilakukan rapid tes secara berkala.

"Persiapannya dengan kita merapid tenaga pendidik. Kemudian memastikan protokol COVID-19 di sekolah telah siap," ujar Taryono.

3. Jumlah siswa dalam sebuah kelas bakal dibatasi

Belajar Tatap Muka di Tangsel Ditargetkan Mulai Awal Januari 2021Ilustrasi Ruang Kelas (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Meski nantinya sudah dalam status zona yang diizinkan menerapkan pembelajaran tatap muka, sekolah juga harus mengatur keterisian siswa di dalam kelas.

"Tunggu status COVID-19 dulu. Sepertiga siswanya hadir di sekolah. Terakhir kan justru walaupun sudah kuning, harus ada izin dari orangtua siswa," kata dia.

Dia kembali mengutarakan harapannya agar proses kelas tatap muka bisa dimulai sejak Januari 2021. 

Baca Juga: Dinkes: Seluruh Wilayah Tangsel Rawan Kasus DBD 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya