BMKG: Tangerang Masuk Fase Musim Transisi ke Penghujan

Curah hujan yang datang belakangan ini masuk kategori rendah

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Tangerang memastikan, Kota Tangerang saat ini belum memasuki musim penghujan secara penuh. Saat ini cuaca masih dalam masa transisi.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG, Maria Evi Trianasari menuturkan, berdasarkan perhitungan hasil Monitoring Dasarian III Oktober 2023, curah hujan secara umum yang terjadi di Kota Tangerang masih dalam kriteria rendah hingga menengah.

“Prakiraan awal musim penghujan di Kota Tangerang saat ini masih dalam kategori hujan ringan, artinya masih akan didominasi cuaca yang kering dengan satu atau dua kali hujan saja dalam sebulan,” kata Maria, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: 3 Warga Kota Tangerang Sudah Klaim Asuransi Pohon Tumbang Tahun Ini

1. Satu minggu ke depan, cuaca didominasi cerah berawan

BMKG: Tangerang Masuk Fase Musim Transisi ke PenghujanIlustrasi awan (ANTARA FOTO)

Berdasarkan prediksi yang dilakukan, kata Maria, dalam satu pekan ke depan juga menunjukkan cuaca di Kota Tangerang secara umum akan didominasi cerah berawan. Meski demikian, tetap ada potensi hujan ringan-sedang di berbagai wilayah tertentu.

Meski begitu, BMKG juga terus mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk dapat melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menyambut kedatangan musim penghujan ini, terutama di beberapa wilayah yang dinilai rawan banjir.

“Untuk langkah antisipasi yang bisa dilakukan secara bersama-sama, seperti memastikan infrastruktur untuk mengamankan daya serap air, terutama untuk daerah-daerah yang mempunyai topografi rendah dan berada di bentaran sungai,” kata dia.

2. Warga diminta cari informasi cuaca dan iklim yang kredibel

BMKG: Tangerang Masuk Fase Musim Transisi ke PenghujanIlustrasi - Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Selain itu, BMKG juga mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk lebih aktif dalam mencari informasi yang kredibel mengenai perkembangan perubahan cuaca dan iklim.

Salah satu sumber informasi yang bisa diakses warga adalah situs resmi BMKG Kota Tangerang, yakni di Instagram @staegof_tng dan http://stageof.tangerang.bmkg.og.id atau di laman resmi BMKG Pusat di bmkg.id.

3. BPBD Kota Tangerang buka 8 posko bencana

BMKG: Tangerang Masuk Fase Musim Transisi ke PenghujanIlustrasi Banjir (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang menyiagakan delapan Posko Bencana mengantisipasi bencana yang dipicu musim penghujan.

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengatakan, langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi. Jika ada bencana, hal itu dapat ditangani dengan sigap siaga.

"Baik itu banjir, angin kencang atau puting beliung, atau bencana musin penghujan lainnya,” kata Maryono Hasan, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Mantan Pj Kades di Kabupaten Tangerang Gelapkan Dana BLT COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya