Bulog dan Pemkot Tangerang Salurkan 20.700 Kg Beras Murah

Distribusi ini langkah antisipasi kenaikan harga pangan

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Bulog Cabang Kantor Tangerang sudah mendistribusikan 20.700 kilogram beras ke 40 kelurahan di 13 kecamatan di Kota Tangerang. Pendistribusian ini pada periode 11 September hingga 4 Oktober 2023.

Sebanyak 20.700 kilogram atau 4.140 karung beras 5 kilogram ini didistribusikan dengan harga Rp52 ribu atau Rp10.400 per liternya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Muhdorun mengungkap, pendistribusian beras itu bagian dari Gerakan Pangan Murah khusus beras.

"Satu kecamatan dengan tiga kelurahan secara berkala. Setiap lokasi, selalu mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat, dan selalu ludes terjual dalam waktu 30 menit saja,” kata , Jumat (6/10/2023). 

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang Berikan Vitamin A Gratis

1. DKP Tangerang akan kembali menggelar operasi beras murah di lokasi-lokasi lain

Bulog dan Pemkot Tangerang Salurkan 20.700 Kg Beras MurahDok. Pemkot Tangerang

Muhdorun menjelaskan, program ini nantinya akan kembali digelar di lokasi-lokasi yang belum terjamah.

“Penyaluran beras SPHP akan terus digelar selama harga beras dipasaran masih tinggi. Ini ditujukan sebagai solusi untuk masyarakat yang kesulitan dengan harga beras yang tinggi,” katanya.

2. Warga sangat terbantu kalau ada diskon

Bulog dan Pemkot Tangerang Salurkan 20.700 Kg Beras MurahANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Sementara itu, Rahmawati, warga Kelurahan Indah, Kecamatan Tangerang mengaku sangat terbantu dengan program khusus beras ini. Pasalnya, beras menjadi kebutuhan pokok yang sulit digantikan saat harga tinggi seperti saat ini.

“Pokonya, kalau diskon-diskon atau murah-murah pada bahan pokok dapur, untuk sering-sering digelar. Kami sangat terbantu,” kata Rahmawati.

3. Inflasi Beras Tembus 5,61 Persen, Tertinggi dalam 5 Tahun!

Bulog dan Pemkot Tangerang Salurkan 20.700 Kg Beras MurahIlustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Harga beras mengalami kenaikan sejak Juli 2022. Kenaikan tertinggi terjadi pada September 2023. Lonjakan harga beras menyebabkan inflasi beras tembus hingga 5,61 persen secara month-to-month (mtm).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam 5 tahun terakhir.

"Inflasi beras bulan September 2023 secara mtm merupakan yang tertinggi sejak Februari 2018," kata Amalia dalam konferensi pers, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Pendaftaran Calon Paskibra 2024 Kota Tangerang Segera Dibuka

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya