Dinkes Kota Tangerang Berikan Vitamin A Gratis

Vitamin A untuk balita ini bisa diakses di seluruh Posyandu

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyampaikan, seluruh balita di Kota Tangerang sudah bisa mendapatkan vitamin A. Orangtua bisa mengakses layanan ini di seluruh posyandu di Kota Tangerang.

Pemberian vitamin A akan berlangsung sepanjang Oktober secara gratis atau tanpa dipungut biaya, melalui seluruh posyandu di Kota Tangerang dengan target sasaran 85.089 balita.

Baca Juga: Ada Layanan Pembuatan Paspor di RSUD Kota Tangerang

1. Vitamin A diberikan dengan dua jenis

Dinkes Kota Tangerang Berikan Vitamin A GratisImunisasi bayi di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dini Anggraeni mengatakan, pemberian vitamin A ada dua jenis kapsul yang berbeda sesuai dengan usianya.

Pertama, kapsul biru bagi bayi usia 6-11 bulan, dengan target sasaran 6.728 balita. "Sedangkan umur 12-59 bulan dengan warna kapsul merah, memiliki target sasaran 78.361 balita,” kata Dini, Rabu (4/10/2023).

2. Apa sih manfaat vitamin A untuk balita?

Dinkes Kota Tangerang Berikan Vitamin A GratisIlustrasi Balita (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dini menjelaskan, manfaat vitamin A diantaranya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.

Vitamin A juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita, dan berperan penting dalam fungsi penglihatan.

“Jika anak kekurangan vitamin A, anak akan rentan terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare,” kata dia.

3. Yuk ikut program ini

Dinkes Kota Tangerang Berikan Vitamin A GratisIlustrasi imunisasi. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dini menegaskan, vitamin A atau retinol terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Inilah alasan mengapa pemberian vitamin A ini kepada anak-anak sangat penting.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada para orangtua agar segera membawa balitanya ke posyandu terdekat, agar mendapatkan layanan pemberian vitamin A secara gratis pada bulan Oktober ini," kata dia. 

Tak hanya itu, orangtua juga diharapkan bisa memberikan gizi seimbang bagi keluarga, terutama anak-anak serta memastikan selalu menjaga perilaku hidup bersih dan sehat.

Baca Juga: Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Apa Itu Tradisi Cio Tao dari Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya