Bupati: Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Akan Percepat Pembangunan Lebak

Harus kolaborasi dan sinergi untuk kesejahteraan Lebak

Lebak, IDN Times - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyebut, proyek Tol Serang-Panimbang seksi 3 akan mempercepat pembangunan di wilayahnya.

Hal tersebut disampaikannya dalam sambutan di acara sosialisasi bersama Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Serang-Panimbang KemenPUPR terkait Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) di Gedung Negara Kabupaten Lebak pada Senin, (22/8/2022).

"Percepatan pembangunan yang dilakukan akan membuat pemulihan ekonomi di masyarakat bisa lebih cepat," kata Iti. 

Baca Juga: Mengenal Lebak Parahiang, Pernah Jadi Ibu Kota Lebak

1. Tol ini mendukung rencana Pemkab Lebak dalam menjadikan Kecamatan Cileles sebagai kawasan industri

Bupati: Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Akan Percepat Pembangunan Lebakilustrasi/ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Kata Iti, pembangunan tol ini mendukung rencana Pemkab Lebak dalam menjadikan Kecamatan Cileles sebagai kawasan industri.

"Seluruh pihak membangun kolaborasi dan sinergitas dalam menjalankan program ini untuk membangun Lebak lebih sejahtera," kata Iti.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat serta perwakilan Kepala Desa.

Baca Juga: Kasus Perampasan Lahan di Margatirta, Warga Minta Solusi Bupati Lebak

2. Seluruh proyek ditarget rampung di 2024

Bupati: Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Akan Percepat Pembangunan LebakPresiden Jokowi meresmikan jalan tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Lebak, Banten pada Selasa, 16 November 2021 (dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Tol Serang-Panimbang secara keseluruhan ditargetkan akan rampung pada 2024. Tol ini terdiri dari 3 seksi yang total panjangnya mencapai 83,67 kilometer (km).

Pemerintah mempercepat pembangunan Tol Serang-Panimbang dengan dibangunnya Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang. Pembangunannya ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Kedua menteri melakukan groundbreaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang sepanjang 33 km pada 8 Agustus 2022 di Gerbang Tol Exit Panimbang, tepatnya di Ruas Simpang Labuan-Cibaliung STA 16+500.

3. Seksi 2 sudah capai 31,2 kilometer

Bupati: Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Akan Percepat Pembangunan Lebakilustrasi/ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Basuki mengatakan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km telah beroperasi sejak Desember 2021. Sedangkan Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 km dengan progres konstruksi 31,2 persen.

"Sekarang kita groundbreaking bagian Pemerintah dengan anggaran Rp4,6 triliun akan kita selesaikan pada kuartal pertama 2024 untuk mendukung destinasi wisata Tanjung Lesung," kata Basuki dalam keterangan tertulis, dikutip IDN Times, Selasa (9/8/2022).

Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang akan diikuti dengan pembangunan 18 jembatan, 3 ka, dan 11 overpass yang dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya dan PT Adhi Karya.

Baca Juga: DPRD Lebak Masih Nunggak Kelebihan Bayar Perjalanan Dinas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya