Cegah Banjir di Musim Hujan, Pemkot Tangerang Normalisasi Drainase

Perbaikan sejumlah titik sudah dilakukan PUPR Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Kemarau panjang yang terjadi saat ini diperkirakan akan membuat dampak mengkhawatirkan tak kala musim penghujan tiba. Salah satunya, banjir.

Mengantisipasi itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang mulai melakukan normalisasi drainase agar tidak terjadi penyumbatan pada jalur air di sejumlah titik.

Baca Juga: Peringati Maulid, Tradisi Ngarak Perahu Muludan Kota Tangerang Digelar

1. Beberapa titik drainase sudah dinormalisasi

Cegah Banjir di Musim Hujan, Pemkot Tangerang Normalisasi DrainaseDok. Pemkot Tangerang

Kepala Dinas PUPR, Ruta Ireng Wicaksono mengatakan, bahwa beberapa titik drainase di Kota Tangerang sudah dinormalisasi, misalnya di wilayah Kecamatan Cibodas, dan Kecamatan Ciledug.

Secepatnya, kata dia, normalisasi drainase akan dituntaskan, khususnya yang memang menjadi langganan banjir. Dia mengungkap, normalisasi drainase di Kelurahan Cimone bahkan dibantu oleh para warga.

"Kolaborasi dengan warga ini tentu sangat baik karena membuktikan para warga juga peduli dengan lingkungannya dan turun tangan bersama kami," kata Ruta, Jumat (29/9/2023).

2. Warga, jangan buang sampah sembarangan ya

Cegah Banjir di Musim Hujan, Pemkot Tangerang Normalisasi DrainaseIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Ruta mengimbau, masyarakat Kota Tangerang untuk tidak membuang sampah sembarangan, agar tidak menyumbat drainase dan menyebabkan banjir di wilayah masing-masing.

Pemkot Tangerang akan terus memaksimalkan antisipasi-antisipasi dalam mengatasi dan mengurangi titik-titik banjir di Kota Tangerang. "Meskipun diprediksi kemarau panjang, kami harap masyarakat Kota Tangerang dapat terus waspada," kata dia.

3. Warga, jangan bikin drainase tersumbat ya

Cegah Banjir di Musim Hujan, Pemkot Tangerang Normalisasi DrainasePerbaikan drainase yang tergerus di Malangrejo, Wedomartani, Ngaglik, Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan warga untuk tidak melakukan apapun yang mengakibatkan drainase tersumbat yang akhirnya mengakibatkan banjir.

Pemkot Tangerang pasti akan terus melakukan upaya antisipasi-antisipasi penanganan banjir dan tentu ini semua harus perlu dukungan dan kolaborasi bersama seluruh masyarakat Kota Tangerang," imbaunya.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Kembali Gelar Virtual Job Fair di 27 September 2023

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya