Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Sebar Ratusan Pompa 

Arief: masyarakat dan pemerintah jangan pengandel-ngandel

Kota Tangerang, IDN Times - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyebut, pihaknya sudah menyiapkan ratusan pompa yang tersebar di titik-titik banjir se-Kota Tangerang.

"Semua alat berat dalam kondisi siaga satu. Kalau tadi eksavator itu semua ada delapan belas, pompa mobile ada delapan, diluar poma mobile semua titik titik rawan banjir ada 233 pompa sudah kita sebar di masyarakat dan masyarakat juga harus siap siaga," kata Arief, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Arief Akui Daerah Resapan Air di Kota Tangerang Sangat Terbatas 

1. Arief minta masyarakat dan pemerintah tak saling mengandalkan

Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Sebar Ratusan Pompa Ilustrasi Banjir (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Arief meminta peran lebih masyarakat dalam upaya penanganan banjir. "Jadi antara petugas di lapangan dan masyarakat harus terus bersinergi," kata Arief.

Kata Arief Jangan sampai antara pemerintah dan warga saling pengandel-ngandel (saling mengandalkan) "Kita harapkan seprrti itu juga, jadi kekompakan kita bersama masyarakat yang berada di garda terdepan bersama kita semua mudah mudahan bisa diantisipasi," kata dia.

Baca Juga: 4 Potret Kabel Semrawut di Dekat Tangcity Kota Tangerang

2. Daerah resapan air di Kota Tangerang sangat terbatas

Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Sebar Ratusan Pompa Dok. IDN Times/Denis

Sebelumnya, Arief mengakui daerah resapan air di Kota Tangerang sudah sangat terbatas. Hal itulah yang menjadi salah satu sebab wilayahnya mudah tergenang banjir.

"Kita tahu bahwa curah hujan ini cukup tinggi. Ditambah lagi, daerah resapan airnya sudah sangat terbatas. Karena bukan hanya wilayah Kota Tangerang, tapi di hulu," kata Arief kepada wartawan usai apel siaga bencana di Puspemkot Tangerang, Selasa (16/11/2021).

Seperti diketahui, daerah resapan air adalah daerah tempat meresapnya air hujan ke dalam tanah yang selanjutnya menjadi air tanah.

3. Pembuatan sumur resapan digencarkan

Cegah Banjir, Pemkot Tangerang Sebar Ratusan Pompa Sumur resapan air SMP 207 Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Arief mengatakan, dalam upaya penanganan masalah tersebut, pihaknya terus menggencarkan upaya pembuatan sumur resapan injeksi.

"Sekarang Pemkot Tangerang juga berupaya, membuat bioretensi, terus juga sumur resapan injeksi," kata dia.

Baca Juga: Viral! Komplotan Bajing Loncat Beraksi di Kota Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya