Cegah Rotavirus, Pemkot Tangerang Bakal Gelar Imunisasi Serentak

Rotavirus penyebab umum bayi diare

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang akan memberikan imunisasi rotavirus secara serentak pada 15 Agustus mendatang. Imunisasi ini dilaksanakan di deluruh puskesmas, posyandu, rumah sakit, klinik, dan fasilitas layanan kesehatan lainnya.

Imunisasi ini diberikan kepada bayi berusia dua, tiga, dan empat bulan. Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan, infeksi rotavirus adalah adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan di saluran pencernaan.

Infeksi rotavirus menjadi penyebab umum diare pada bayi dan anak-anak, terutama di negara-negara dengan sanitasi lingkungan yang kurang baik. Gejala infeksi rotavirus bisa muncul setelah dua hari terpapar virus ini.

Baca Juga: Tangerang Jadi Penyumbang Kenaikan Angka Obesitas Indonesia

1. Imunisasi rotavirus wajib dilakukan

Cegah Rotavirus, Pemkot Tangerang Bakal Gelar Imunisasi SerentakIlustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Kesehatan Dini Anggraeni mengatakan bahwa imunisasi rotavirus sangat penting sebagai bagian imunisasi anak yang harus dilengkapi. Rotavirus dapat menjadi penyebab anak diare berat dan dapat berakibat fatal.

Virus ini juga dapat bertahan lama di permukaan benda hingga tangan orang dewasa.  Menurut Dini, rotavirus merupakan penyebab paling umum diare berat pada anak-anak. Jika tidak ditangani, anak akan mengalami dehidrasi dan akan berakibat fatal.

"Pemberian imunisasi ini akan memberikan perlindungan terhadap rotavirus pada anak. Nanti, pemberian imunisasi rotavirus ini akan dilaksanakan secara serentak pada 15 Agustus 2023 untuk bayi berusia dua bulan minimal kelahiran 16 Mei 2023," kata Dini, Selasa (25/7/2023).

2. Selain itu cegah rotavirus dengan hidup bersih

Cegah Rotavirus, Pemkot Tangerang Bakal Gelar Imunisasi SerentakIlustrasi cuci tangan. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Dini mengatakan, imunisasi rotavirus ini sangatlah mudah karena cukup dengan diteteskan saja. Tak hanya dengan imunisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga menjadi salah satu upaya meminimalisir penyebaran infeksi dari rotavirus.

"Pastikan kita semua menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan PHBS ini kita dapat meminimalisir terkena penyakit. Tetapi, imunisasi juga tidak kalah pentingnya sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, semua saling melengkapi," kata dia.

3. Yuk bapak ibu beri imunisasi rotavirus pada bayinya

Cegah Rotavirus, Pemkot Tangerang Bakal Gelar Imunisasi SerentakImunisasi bayi di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Masyarakat Kota Tangerang diimbau, untuk membawa bayinya mendapatkan imunisasi rotavirus dan juga melengkapi imunisasi-imunisasi lainnya.

"Kepada masyarakat Kota Tangerang, ayo bawa bayinya ke fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi rotavirus pada tanggal 15 Agustus 2023," kata Dini.

Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi imunisasi lainnya dan selalu terapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita sudah melakukan, maka akan berdampak pada diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan sekitar kita," kata Dini.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya