Tangerang Jadi Penyumbang Kenaikan Angka Obesitas Indonesia

Angka obesitas Indonesia meningkat drastis

Tangerang, IDN Times - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyebut, penduduk di kawasan penyangga ibu kota menjadi penyumbang angka kasus obesitas nasional. Saat ini, angka kasus obesitas meningkat drastis.

Dante menyebut, diantara beberapa daerah, Tangerang menjadi salah satu wilayah penyumbang angka obesitas di Indonesia.

"Ini mungkin dipicu oleh pendapatan yang makin meningkat, terutama angka obesitas ini banyak dari daerah penyangga, seperti di Tangerang, Depok, Bogor. Itu lebih tinggi dari Jakarta," kata Dante Saksono Harbuwono, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: Cipto Pria Berbobot 200 Kg Asal Kota Tangerang Meninggal Dunia

1. Pendapatan masyarakat yang semakin meningkat berpengaruh pada obesitas

Tangerang Jadi Penyumbang Kenaikan Angka Obesitas IndonesiaDok. RSUD Kota Tangerang

Laporan itu diperoleh Dante berdasarkan hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang menunjukkan peningkatan laju obesitas dari 15,3 persen pada 2013 menjadi 21,8 persen di 2018.  

Dante mengatakan, pendapatan masyarakat yang semakin meningkat berpengaruh pada obesitas. Hal itu terjadi jika peningkatan pendapatan tidak diiringi dengan pengetahuan seputar konsumsi makanan yang tepat.

2. Masyarakat diminta menjadi smart eater

Tangerang Jadi Penyumbang Kenaikan Angka Obesitas IndonesiaIlustrasi Indeks Massa Tubuh atau IMT (kemkes.go.id)

Dante mengajak masyarakat untuk menjadi smart eater dengan cara memilah secara cerdas ragam makanan yang akan dikonsumsi guna mencegah dampak buruk obesitas.  

"Jadi sebelum dia makan, sebelum beli makanan, dia baca dulu kalorinya berapa, sehingga bisa diperhitungkan dampaknya," kata Dante.

Ia mengatakan, indeks masa tubuh pada anak dapat dihitung dengan rumus membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter kuadrat) untuk mengetahui status gizi yang didapat.

3. Ribuan warga Kota Tangerang alami obesitas

Tangerang Jadi Penyumbang Kenaikan Angka Obesitas IndonesiaDok. IDN Times/Riki

Puluhan ribu orang di Kota Tangerang didiagnosa sebagai pengidap berat badan berlebih atau obesitas. Hal itu berdasar hasil skrining Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang yang dilakukan oleh seluruh puskesmas.

Berdasar temuan Dinkes Kota Tangerang ini, penyakit kegemukan yang terjadi rata-rata karena berlebihan kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak.

"Dari pemeriksaan awal sampai sekarang tercatat di laporan kami sekitar 20 ribuan orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Harmayani, dikutip Senin (10/7/2023).

Baca Juga: 20 Ribu Warga Idap Obesitas, Ini Langkah Pemkot Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya