Dituding Cemari Sungai Ciujung, Pengelola PT TCI Buka Suara

PT TCI: Ini airnya enggak hitam dan bau

Lebak, IDN Times - PT TCI, perusahaan yang memproduksi kain lap sintetis yang diduga menjadi sebab dugaan pencemaran Sungai Ciujung di Cileles, Kabupaten Lebak buka suara.

Sebelumnya, warga setempat menyebut Sungai Ciujung di sekitaran wilayah Cileles, Kabupaten Lebak, tercemar limbah yang berasal dari aktivitas pabrik tesebut. Pada waktu-waktu tertentu, warna air sungai menjadi lebih gelap. 

Melalui humasnya, pihak PT TCI menyebut, jarak perusahaan dengan aliran sungai yang diduga tercemar limbah berjarak tiga kilometer. Dalam radius itu, ada perkebunan karet. 

“Keterkaitan yang menjadi isu pencemaran sungai itu, kemarin dari Muspika dari Dinas LH sudah melakukan sidak dan pengawasan, berikut pengambilan sampel air juga sudah seperti itu,” kata Tedy Adityo saat dihubungi wartawan, Jumat (5/9/2024).

Baca Juga: Warga Lebak Keluhkan Air Sungai Ciujung Diduga Tercemar

Baca Juga: Dugaan Sungai Ciujung Tercemar, DLH Lebak Turun Tangan

1. Ini dalih PT TCI

Dituding Cemari Sungai Ciujung, Pengelola PT TCI Buka SuaraDok. IDN Times/Riz

Tedy pun tidak bisa menyampaikan banyak penjelasan. Dia hanya memastikan PT TCI selalu berbenah agar lebih baik.

“Tetapi kalau itu di sungai dikatakan airnya warna hitam kemudian bau, nah ini yang harus disikapi. Karena di kami ini airnya enggak hitam dan bau, jadi begitu,” kata Tedy.

Baca Juga: Warga Serang: Sungai Ciujung Menghitam dan Bau

2. Warga Lebak resah, air Sungai Ciujung diduga tercemar

Dituding Cemari Sungai Ciujung, Pengelola PT TCI Buka SuaraDok. IDN Times/Riz

Sebelumnya, warga di sekitaran bantaran Sungai Ciujung tepatnya wilayah Cileles menemukan banyak ikan mati di aliran sungai.

Dugaannya, banyaknya ikan yang mati lantaran terpapar limbah yang mencemari air sungai. Selain terdapat air yang berwarna hitam, warga juga mencium bau tak sedap dari air tersebut.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya