Dua Pembantunya Maju Pilkada Tangsel, Pengamat: Airin Harus Netral 

Airin sudah sebut Sekda Muhamad membolos

Tangerang Selatan, IDN Times - Analis politik dan kebijakan publik dari Universitas Islam Syech Yusuf (Unis) Tangerang Adib Miftahul menilai, peran Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany akan sangat menentukan dalam gelaran Pilkada Tangsel. Apalagi, dua "pembantu" Airin memutuskan maju. 

Mereka adalah Wakil Wali Kota Benyamin Davnie dan Sekretaris Daerah Muhamad maju dalam pilkada sebagai pesaing. Adib menyebut, Airin dilematis tapi tak mungkin menjadi wasit yang netral.

"Ada rivalitas tapi Airin dituntut harus menjadi wasit yg netral. Ini jelas dilematis bagi Airin, karena yg pasti Airin ingin mengakhiri lengser kekuasaan dengan 'landing smoth'," kata Adib kepada IDN Times, Kamis (23/7/2020).

1. Dilematis, Airin harus netral di ASN tapi harus menangkan calon partainya

Dua Pembantunya Maju Pilkada Tangsel, Pengamat: Airin Harus Netral Analis Kebijakan Publik Unis Tangerang, Adib Miftahul (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Adib mengatakan, Airin sebagai wali kota harus netral demi kinerja anak buahnya. Sementara Airin sebagai Ketua Partai Golkar Tangerang Selatan sebagai pengusung Benyamin Davnie harus memenangkan yang dititahkan partainya.

"Peran Airin saat ini sampai lengser juga sangat menentukan. Di sisi lain dia harus netral demi kinerja anak buahnya. Di sisi lain dukungan secara politik ada di calon Ben," kata Adib.

2. Pengamat: gak usah naif, ada peluang ASN Tangsel terpecah jadi dua kubu

Dua Pembantunya Maju Pilkada Tangsel, Pengamat: Airin Harus Netral IDN Times/Ilustrasi

Adib mengatakan, kemungkinan besar saat ini ada dua kubu di pegawai lingkup Pemkot Tangsel. Adib menekankan, jangan naif dengan persoalan itu.

"Mulai detik ini juga, jelas ada dua kubu, Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kedua calon untuk menjaga kinerja birokrasi yang harus netral tanpa terganggu dengan rivalitas mereka. Jangan soal syahwat politik mereka, ASN terbelah dan pelayanan kepada publik terganggu. (Walau) Jelas ini tidak boleh," kata Adib.

3. Airin: Sekda Tangsel membolos jelang proses Pilkada

Dua Pembantunya Maju Pilkada Tangsel, Pengamat: Airin Harus Netral Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany (Antaranews)

Sementara itu, dalam sebuah kesempatan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany menyebut, Sekretaris Daerah Muhamad yang diusung jadi Bacalon Wali Kota Tangsel baru sekali mengajukan cuti. Muhamad sendiri sebelumnnya telah secara terbuka siap pensiun Agustus besok demi pencalonan di Pilkada serentak 2020.

“Sampai hari ini tidak ada pengajuan surat cuti. Dulu (cuti) waktu mau umroh,” kata Airin, Rabu (21/7/2020) malam.

Airin pun tak membantah bila selama ini Muhamad membolos kerja sebagai sekda. Meski demikian ia berjanji akan menanyakan masalah kehadiran kerja anak buahnya itu ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel.

“Sampai hari ini enggak ada (pengunduran diri). Setau saya belum. Tapi nanti cek,” jelas Airin.

Baca Juga: Maju Pilkada, Muhamad Janji Lepas Jabatan Sekda Tangsel Agustus 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya