Greenpeace: Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Cukup Cepat

Tapi perlu ada penanganan lanjutan ya

Kota Tangerang, IDN Times - Penanganan atas kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang, dinilai cepat oleh Greenpeace Indonesia. Dalam rilis yang disiarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Peneliti Iklim dan Energi, Greenpeace Indonesia, Haflah Leste Distincta, mengungkapkan kebakaran TPA yang tengah terjadi di beberapa kota selama musim kemarau memang menjadi fenomena baru yang tengah dipelajari Greenpeace Indonesia.

“Kalau melihat situasi ini, dengan kondisi yang sudah kondusif, tersisa kepulan asap, saya rasa ini luar biasa. Tergolong penanganan yang cukup cepat, Kami memantau penanganan dari daerah-daerah lainnya di Indonesia. Dengan apa pun itu penanganannya, Kota Tangerang tergolong cukup cepat,” kata Haflah, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Pipa Injeksi Air Dikerahkan Padamkan Api di TPA Rawa Kucing

Baca Juga: Pengungsi TPA Rawa Kucing Anggap Petugas Damkar Superhero

1. Cepatnya penanganan harus dilanjutkan dengan cepatnya tindakan lain

Greenpeace: Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Cukup CepatDok. BPBD Kota Tangerang

Haflah mengatakan, cepatnya penanganan selama kejadian, harus dilanjutkan dengan cepatnya regulasi atau tindakan-tindakan penanganan lanjutan. Sehingga kondisi ini tidak kembali terjadi, dengan kerugian yang lebih banyak lagi. Kejadian ini perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak, untuk menghadirkan regulasi terbaik dalam pemulihan lingkungan.

"Pemerintah perlu mempertimbangkan langkah dan mitigasi atau adaptasi yang lebih ambisius dan strategis. Yakni melalui kebijakan dan regulasi dalam merespon fenomena yang berkaitan dengan krisis iklim saat ini," katanya.

2. Metode pipa injeksi mulai dilakukan

Greenpeace: Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Cukup CepatDok. Pemkot Tangerang

Sebelumnya, memasuki hari keenam, Tim Gabungan Pemkot Tangerang akan mengerahkan pipa injeksi yang akan disebar di 40 titik strategis dalam upaya pemadaman kebakaran di TPA Rawa Kucing.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana BPBD Kota Tangerang, Hendar, mengatakan rencana pengerahan pipa injeksi ini merupakan metode alternatif untuk memaksimalkan pemadaman di beberapa titik yang selama ini sulit dijangkau.

Pipa injeksi ini dapat dioptimalkan untuk memadamkan titik-titik api, yang dinilai masih menyala di bawah tumpukan gunungan sampah.

"Pipa injeksi ini panjangnya sekitar tujuh meter yang akan ditancapkan ke dalam titik-titik yang masih mengeluarkan kepulan asap," kata Hendar, Rabu (25/10/2023).

3. Begini cara kerjanya

Greenpeace: Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Cukup CepatDok. BPBD Kota Tangerang

Hendar mengatakan, pipa injeksi ini dinilai akan menambah daya amunisi dalam operasi pemadaman TPA Rawa Kucing. Sebab pipa injeksi ini memiliki panjang tujuh meter, dan akan berfungsi menyambungkan saluran air pemadam untuk ditancapkan ke dalam tumpukan gunungan sampah.

Sehingga pipa injeksi ini diharapkan mampu memadamkan titik-titik lokasi yang masih mengepulkan asap.

"Nantinya, pipa injeksi ini akan disebar di berbagai titik-titik yang selama ini sulit dipadamkan menggunakan operasi darat," kata dia.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya