Guru Ngaji di Tangerang Dapat Insentif Rp1,5 Juta Setahun

Tahun ini target penerima insentif ada belasan ribu orang

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang memberikan insentif kepada 4.110 guru ngaji di Kabupaten Tangerang. Besarannya, Rp1,5 juta setahun. 

Insentif tersebut diberikan melalui program unggulan Tangerang Religi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023. 

Baca Juga: Cegah Obesitas, Warga Kota Tangerang Bisa Gunakan Poli Gizi Puskesmas

1. Targetnya belasan ribu orang yang dapat insentif

Guru Ngaji di Tangerang Dapat Insentif Rp1,5 Juta Setahunilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Salah satu program Tangerang Religi adalah pemberian insentif terhadap guru ngaji dan pemusalara jenazah. Saat ini, program tersebut sudah memasuki tahap satu di mana insentif baru diberikan untuk guru ngaji.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Tangerang Luki Lukman Fauzi mengungkap, tahun 2023 dana insentif tersebut sudah tersalurkan kepada 4.110 guru ngaji di desa dan kelurahan di Kabupaten Tangerang.

"Sebelumnya sudah ditarget sebanyak 17.810 guru ngaji yang mendapat insentif di tahun ini," kata dia pada Rabu (12/7/2023).

2. Untuk tahap pertama, setiap orang menerima Rp600 ribu

Guru Ngaji di Tangerang Dapat Insentif Rp1,5 Juta SetahunIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Luka mengatakan, program pemberian insentif tersebut menargetkan 15 orang di tiap desa dan kelurahan masing-masing guru ngaji mendapatkan Rp1,5 juta per tahun. Untuk tahap pertama setiap orang menerima Rp600 ribu.

"Untuk ketentuannya, penerima harus memiliki syarat mengajar ngaji dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun dan memiliki 10 murid, jika memang persyaratan lainnya juga terpenuhi maka insentif tersebut akan disalurkan langsung ke rekening penerima manfaat," jelasnya.

3. Pemkab Tangerang berharap program ini bisa menjadi motivasi bagi guru ngaji

Guru Ngaji di Tangerang Dapat Insentif Rp1,5 Juta SetahunYahya Edward menggunakan kostum badut melakukan siaran langsung kegiatan belajar ngaji di Pinang, Kota Tangerang, Banten ANTARA FOTO/Fauzan

Luki mengatakan, pihaknya berharap program pemberian insentif tersebut dapat memotivasi serta memberikan semangat bagi para guru ngaji di Kabupaten Tangerang. Dengan demikian, imbuhnya, mereka pun dapat menuntaskan buta huruf Alquran juga meningkatkan kesejahteraan lembaga keagamaan dan tokoh agama di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Fakta-fakta Ayah di Tangerang Simpan Bayinya di Freezer

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya