Hilang Saat Melaut, Nelayan Lebak Ditemukan Selamat di Tasikmalaya

Usman terombang-ambing di laut berhari-hari

Lebak, IDN Times - Seorang nelayan asal Lebak Banten yang menakhodai KM Dimasyang sempat dilaporkan hilang saat melaut. Nelayan bernama Usman itu kemudian ditemukan Badan Pencarian dan Pertolongan atau SAR Nasional (Basarnas) Banten di Pulau Camara Pangkalan Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Basarnas Banten Adil Triyanto mengungkap, korban berusia 52 tahun itu ditemukan selamat. "Korban warga Binuangeun, Kabupaten Lebak, kini sudah berada di Polsek Cikalong, Tasikmalaya," kata Adil, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (1/2/2023).

Baca Juga: Mengenal Lebak Parahiang, Pernah Jadi Ibu Kota Lebak

1. Usman Melaut saat gelombang tinggi

Hilang Saat Melaut, Nelayan Lebak  Ditemukan Selamat di TasikmalayaIDN Times/Sukma Sakti

Adil mengatakan, Usman hilang setelah Jumat (27/1/2023) menakhodai KM Dimas seorang diri. Kala itu, dia melaut dengan kondisi laut gelombang cukup tinggi.

Namun, setelah berada di laut mengalami kehabisan bahan bakar minyak (BBM), sehingga menepi ke pesisir perairan Cihara dengan memasang jangkar.

Selanjutnya, korban menghubungi anaknya bernama Seli (25) untuk menginformasikan kepada rekannya agar membantu mengirimkan pasokan BBM.

2. Usman hilang kontak dan kehabisan BBM

Hilang Saat Melaut, Nelayan Lebak  Ditemukan Selamat di TasikmalayaSeorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Akan tetapi, kata dia, korban hilang kontak dan posisi kapal terseret gelombang tinggi.

Dengan demikian, anggota keluarganya melaporkan kehilangan kontak dengan korban kepada petugas Polairud Binuangeun hingga melibatkan tim SAR gabungan.

"Kami melakukan penyisiran di perairan Lebak dan hari kelima itu ditemukan dan pencarian dihentikan," kata Adil.

3. Korban terdampar di Cikalong

Hilang Saat Melaut, Nelayan Lebak  Ditemukan Selamat di TasikmalayaIlustrasi nelayan melaut. (Dok. KNTI)

Menurut dia, saat ini korban sudah berada di Polsek Cikalong, Tasikmalaya dengan kondisi selamat dan sehat.

"Korban Usman yang sehari-hari nelayan sebagai nakhoda KM Dimas mengalami kecelakaan laut akibat kehabisan BBM hingga terseret gelombang tinggi," kata Adil.

Beruntung, korban selamat meski lima hari terombang-ambing di tengah Laut Selatan. Dia berhasil menyelamatkan diri di Pulau Camara Pangkalan Cikalong, Tasikmalaya.

"Kami hari ini bersama keluarga akan menjemput ke Polsek Cikalong, Tasikmalaya," katanya menjelaskan.

Baca Juga: Jamsostek Cairkan Klaim Pekerja Tangerang Hingga Rp1,40 Triliun

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya