Jumlah Hewan Kurban di Tangsel Diprediksi Menurun di Idul Adha 2023

Idul Adha tahun lalu, hewan kurban lebih banyak

Tangerang Selatan, IDN Times - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyebut, hewan kurban pada perayaan Idul Adha tahun 2023 di Tangsel bakal menurun jika dibandingkan tahun 2022.

Kepala DKP3 Tangsel, Yepi Suherman menjelaskan, jumlah hewan kurban tahun ini sekitar 6.000 ekor, angka ini berdasar porsi yang telah ditetapkan.

"Tahun 2022 ada 300-an lapak dengan 20 ribuan (hewan kurban)," kata Yepi saat dihubungi IDN Times, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: 2 Pejabat ASN Tangsel Jadi Bacaleg, Benyamin Angkat Bicara

1. Ribuan hewan kurban akan masuk Tangsel dari beragam daerah di Indonesia

Jumlah Hewan Kurban di Tangsel Diprediksi Menurun di Idul Adha 2023Ilustrasi penyembelihan hewan kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Yepi mengatakan, ribuan hewan kurban yang datang ke Tangsel terdiri dari sapi, domba dan kambing yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan Bali.

Selain akan mendata, pihaknya juga akan melakukan pencegahan merebaknya penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) pada hewan kurban di Tangsel. Pasalnya, penyakit ini sudah menyebar di sejumlah daerah. 

Hingga saat ini, kata Yepi, petugas belum menemukan hewan kurban yang mengidap LSD di Tangsel. "Nantinya kita untuk antisipasi tersebut, pedagang yang akan mendrop hewannya ke Tangsel kita syaratkan hewannya harus punya SKH (Surat Kesehatan Hewan) dulu," kata Yepi.

2. Kontrol jalur distribusi hewan kurban juga penting dilakukan

Jumlah Hewan Kurban di Tangsel Diprediksi Menurun di Idul Adha 2023Ilustrasi pemeriksaan hewan ternak. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Selain mengharuskan SKH untuk hewan kurban yang dikirim ke Tangsel, Yepi menjelaskan, pihaknya juga melakukan kerja sama pencegahan dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kepolisian.

"Kita melakukan kontrol pada jalur keluar masuk hewan kurban. Satu di taman Tekno terus di wilayah Bogor perbatasan dengan Tangsel. Hasil pemeriksaan sampai saat ini belum ditemukan yang sakit," kata dia.

3. DKP3 bentuk kader pengawasan hewan kurban di tiap kelurahan

Jumlah Hewan Kurban di Tangsel Diprediksi Menurun di Idul Adha 2023Ilustrasi hewan kurban. (dok. IDN Times/Istimewa)

Yepi mengatakan, upaya lain yang dilakukan pihaknya adalah merekrut warga dari tiap kelurahan untuk melakukan pengawasan dan pendataan hewan kurban di tiap wilayah tinggalnya masing-masing.

"Kita akan merekrut kader dari 54 kelurahan Se-Tangsel, satu kelurahan satu orang, untuk bisa mementori dan mendata per wilayah masing-masing," kata Yepi.

Baca Juga: Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha di Banten Diklaim Aman  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya