Kadindik Banten Sidak MPLS SMA Negeri di Tangerang

Tabrani memastikan tak ada perpeloncoan

Serang, IDN Times - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Tabrani mendatangi sejumlah SMA Negeri di Kota dan Kabupaten Tangerang untuk memastikan kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) berjalan sesuai aturan yang berlaku. 

Kedatangan Tabrani ini juga arahan Pj Gubernur Banten Al Muktabar terkait MPLS tanpa perundungan benar-benar ditindaklanjuti oleh sekolah.

“Saya datang ke beberapa sekolah yang ada di wilayah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang untuk memastikan apa yang diarahkan oleh Pak Gubernur bahwa dalam MPLS ini tidak ada perpeloncoan, tidak ada perundungan,” kata Tabrani dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: Tak Diterima Saat PPDB, Atlet Ketapel Ngadu ke Inspektorat Banten

1. Tak ada perpeloncoan di sekolah yang dia datangi

Kadindik Banten Sidak MPLS SMA Negeri di TangerangIlustrasi siswa SMPN dan orang tuanya (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Tabrani mengatakan, di SMA Negeri 12 Kota Tangerang, SMA Negeri 13 Kota Tangerang, dan SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tidak ada aktivitas yang mengarah kepada perpeloncoan dan perundungan.

Dia mengatakan, pelaksanaan MPLS di SMA negeri di Banten sesuai dengan apa yang diarahkan oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar kepada seluruh kepala sekolah saat pembukaan MPLS secara hybrid pada Selasa (18/7/2023). 

Dengan demikian, Tabrani berharap, kegiatan MPLS di sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Banten tersebut berjalan sesuai dengan aturan.

2. Pj Gubernur: Jika Ada Perpeloncoan saat MPLS, Sekolah Kena Sanksi!

Kadindik Banten Sidak MPLS SMA Negeri di TangerangIDN Times/Khaerul Anwar

Sebelumnya diberitakan, Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengaku akan menjatuhkan sanksi tegas kepada sekolah, bila ada perpeloncoan pada MPLS di sekolah tersebut.

"Tentu ada aturan yang harus diterapkan terhadap itu (perpeloncoan), reward dan punishment," kata Al Muktabar usai membuka kegiatan MPLS secara serentak di SMAN 2 Kota Serang, Selasa (18/7/2023).

3. Perundungan dan perpeloncoan kerap terjadi saat MPLS

Kadindik Banten Sidak MPLS SMA Negeri di TangerangIDN Times /Khaerul Anwar

MPLS atau masa orientasi siswa kerap diwarnai dengan aksi perpeloncoan dan perundungan. Biasanya, pelaku adalah siswa senior atau guru kepada siswa baru di sekolah tersebut.

"Sanksi jadi aturan yang telah digariskan akan dijalankan (tidak pandang bulu)," katanya.

Baca Juga: Pj Gubernur: Jika Ada Perpeloncoan saat MPLS, Sekolah Kena Sanksi!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya