Kadinkes Kota Tangerang Klaim PPKM Jilid I Turunkan Tren COVID-19

Penggunaan bed COVID-19 diklaim sudah fluktuatif menurun

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengklaim, tren keterisian bed khusus pasien COVID-19, turun. Penurunan itu, menurut dia, terjadi setelah penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid I diterapkan di Kota Tangerang dari tanggal 11 sampai 25 Januari 2021.

Liza mengungkap, ada sekitar 1.217 kasur dari 1.444 bed khusus COVID-19 yang digunakan pada hari terakhir penerapan PPKM jilid I, Senin (25/1/2021). "Setelah tanggal 25 (Januari 2021), itu di bawah 1.200 (kasur yang digunakan)," kata Liza, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga: Arief Klaim PPKM Kota Tangerang Efektif Turunkan Kasus COVID-19 

1. Penggunaan bed COVID-19 diklaim sudah fluktuatif

Kadinkes Kota Tangerang Klaim PPKM Jilid I Turunkan Tren COVID-19Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Setelah tanggal tersebut, lanjut Liza, angka keterisian kasur itu tergolong melandai. Liza mengatakan, tempat tidur tersebut sempat dipakai oleh 1.174 pasien terkonfirmasi positif. Penurunan terus terjadi hingga Rabu (3/2/2021) ada 1.160 kasur yang digunakan.

"Nah, kasur yang ada dipakai sama 1.160 orang hari ini. Kelihatan kan bedanya? Memang dia penurunannya enggak banyak, tapi trennya menurun kan," kata Liza.

2. Saat ini, tersedia sekitar 284 bed khusus COVID-19

Kadinkes Kota Tangerang Klaim PPKM Jilid I Turunkan Tren COVID-19Ilustrasi. Ruang isolasi RSUD Kabupaten Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Berdasar pernyataan Liza, angka keterisian yang ada sebelum dan sesudah PPKM jilid I mencapai 57 kasur. Sehingga tercatat, ada sisa 284 bed yang tersebar di berbagai rumah sakit di Kota Tangerang saat ini.

Di satu sisi, jumlah ketersediaan tempat tidur di Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) Kota Tangerang saat ini sisa 158 kasur dari 442 tempat.

Baca Juga: Kota Serang Zona Merah, Nakes Malah Jalan-jalan ke Dieng 

3. Arief juga klaim PPKM di Kota Tangerang efektif

Kadinkes Kota Tangerang Klaim PPKM Jilid I Turunkan Tren COVID-19Wali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengklaim pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Tangerang berlaku efektif. Menurut Arief, tingkat keterisian tempat tidur khusus pasien COVID-19 di Kota Tangerang menurun selama penerapan aturan tersebut.

"Kemarin ada indikator (keefektifan PPKM), salah satunya tingkat hunian rumah sakit. Tingkat hunian rumah sakit di Kota Tangerang menurun," kata Arief, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: IDI Banten: Pasien OTG Masih Kerap Keluyuran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya