Kota Serang Zona Merah, Nakes Malah Jalan-jalan ke Dieng 

Kadinkes sebut, mereka butuh liburan

Serang, IDN Times - Tenaga Kesehatan Puskesmas Walantaka, Kota Serang berwisata ke Kawasan Wisata Dieng, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Padahal, saat ini daerahnya sedang dalam status zona merah COVID-19.

Hal tersebut diketahui dari foto yang beredar di grup WhatsApp pada Minggu, 31 Januari 2021. Dalam foto tersebut tampak puluhan orang berfoto dengan latar belakang Batu Angkruk Dieng. Beberapa orang terlihat tidak mengenakan masker.

Baca Juga: Serang Zona Merah, Mal Wajib Tutup Jam 7 Malam!

1. Melakukan kegiatan sekaligus liburan

Kota Serang Zona Merah, Nakes Malah Jalan-jalan ke Dieng IDN Times/Khaerul Anwar

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinkes Kota Serang Muhammad Ikbal, membenarkan bahwa para nakes Puskesmas Walantaka melakukan perjalanan Kawasan Wisata Dieng untuk melakukan kegiatan penggalangan komitmen UPTD Puskesmas Walantaka tahun 2021.

Menurutnya, mereka melakukan kegiatan di Jawa Tengah tersebut sekaligus ingin mencari hiburan, setelah bertugas tanpa henti sebagai nakes.

“Mereka minta izin ke dinas, kan dalam waktu bulan puasa kemarin kan semua nakes tidak boleh cuti. Selama ini mereka sibuk dengan tracing dan sebagainya. Mereka ingin seperti masyarakat yang lain,” kata Ikbal saat dikonfirmasi, Senin (1/2/2021).

2. Perjalanan nakes tersebut sepengetahuan Kadinkes Serang

Kota Serang Zona Merah, Nakes Malah Jalan-jalan ke Dieng Istimewa/beredar di medsos

Ia mengaku bahwa dia sebagai kepala dinas, memberikan izin kepada Puskesmas Walantaka dengan catatan, kegiatan itu dilakukan pada saat libur akhir pekan. Selain itu, Puskesmas Walantaka juga harus mempersiapkan petugas yang berjaga di Puskesmas pada saat kegiatan berlangsung.

“Memang itu sudah ada informasi sekitar dua minggu yang lalu. Karena mereka memang belum pernah ada cuti, termasuk pada libur akhir tahun, maka saat itu mereka minta izin untuk refreshing dalam rangka membangun komitmen kerja di puskesmas,” katanya.

Mulanya, Ikbal mengaku bahwa dia meminta pelaksanaan kegiatan tersebut, cukup di Provinsi Banten saja. Namun ternyata, Nakes di Puskesmas Walantaka tetap menginginkan kegiatan dilaksanakan di Kawasan Wisata Dieng, lantaran juga ingin mencari hiburan.

“Jadi memang sebetulnya saya sudah menyampaikan, namun mereka ternyata juga ingin refreshing. Itu juga kan di gunung yah, di tempat terbuka dan akan sedikit melakukan kontak dengan masyarakat lain. Saya sebenarnya meminta agar di sekitar Banten saja,” ucapnya.

3. Kadinkes akan dipanggil untuk klarifikasi

Kota Serang Zona Merah, Nakes Malah Jalan-jalan ke Dieng Tulisan zona merah yang menjadi tanda lokasi isolasi para pasien COVID-19 di Embarkasi Haji (IDN Times/ Fatmawati)

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang, Nanang Saefudin, mengaku bahwa dia tidak tahu mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Nakes Puskesmas Walantaka, di Kawasan Wisata Dieng. Pihaknya, kata dia, akan melakukan klarifikasi dengan Kepala Dinkes Kota Serang terkait hal itu.

“Nanti saya panggil Kepala Dinasnya. Nanti akan ada pembinaan lah, terus ada empati lagi zona merah seperti ini. Nanti akan saya panggil Kepala Dinasnya, lebih cepat lebih baik. Nanti akan saya konfirmasi lagi,” ujarnya.

Nanang mengatakan, saat ini memang tidak ada larangan bagi ASN maupun nakes yang akan bepergian ke luar daerah. Namun, terdapat larangan bagi ASN dan nakes untuk bepergian ke daerah yang memiliki status zona merah.

“Kota Serang kan sedang zona merah, apakah daerah lain akan menerima. Ini kan jadi pertanyaan, apakah mereka studi banding, piknik, perjalanan dinas atau lainnya. Ini yang akan saya konfirmasi kepada dinas terkait,” tandasnya.

Baca Juga: Positivity Rate Per Hari 10-15 Kasus di Kota Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya