Kaesang Pangarep Digadang Maju Pilkada Tangsel

DPC PDIP siap mendukung putra Presiden Jokowi itu

Tangerang Selatan, IDN Times - Kaesang Pangarep disebut-sebut akan maju di perhelatan Pilkada Serentak 2024 nanti. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan mendukung Kaesang.

Nama Kaesang masuk bursa yang diperkirakan maju di Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Sebelumnya, sejumlah tokoh-tokoh nasional sempat meramaikan pilkada di kota ini. Salah satunya, putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yaitu Siti Nur Azizah, ikut meramaikan pertarungan politik Pilkada Tangsel 2019.

Pengamat politik, yang juga Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Emas menilai seluruh warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan, berhak untuk ikut kontestasi pilkada, termasuk Kaesang.

Selain Tangsel, nama Kaesang juga ramai digadang ikut pilkada di Depok. 

Baca Juga: Pungli Hingga Rp2 Miliar, Eks Kades di Tangerang Divonis 2 Tahun Bui

1. Pengamat: Kaesang harus pahami Tangsel

Kaesang Pangarep Digadang Maju Pilkada TangselWarga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Menurut Fernando, apapun keputusan Kaesang dan di wilayah mana akan ikut kontestasi, hal itu merupakan hak politiknya. Namun, kata Fernando, yang terpenting harus menjadi tujuan Kaesang adalah untuk kepentingan membangun wilayah kota yang dipimpin dan mensejahterakan rakyatnya bukan hanya memanfaatkan nama besar ayahnya.

"Kaesang harus benar-benar memahami daerah yang akan dipimpin, sehingga mengerti apa yang dilakukan untuk kepentingan wilayah dan masyarakat yang dipimpin," kata Fernando.

2. DPC PDIP Tangsel siap dukung Kaesang di Pilkada Tangsel

Kaesang Pangarep Digadang Maju Pilkada TangselIlustrasi pilkada serentak. IDN Times/Mardya Shakti

Menanggapi kabar nama Kaesang akan maju di Pilkada Kota Tangsel, Ketua DPC PDIP Kota Tangsel Wanto Sugito mengaku pihaknya siap mendukung Kaesang.

“Kalau memang pilihannya di pilkada Tangsel tentu kami akan dukung total. Tentu jika direkomendasikan serta diputuskan oleh Ketum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri agar Kaesang maju di Pilkada Tangsel tahun depan,” ujar Wanto.

3. Kaesang disebut cocok pimpin Tangsel

Kaesang Pangarep Digadang Maju Pilkada TangselIDN Time/Ganug Nugroho

Wanto menyebutkan, bahwa sosok Kaesang sangat cocok untuk memimpin Kota Tangsel kedepannya. “Di situ pemuda yang memiliki banyak pegelaman, dan juga putra Presiden Jokowi. Tentu banyak pengalaman yang telah dimilikinya di usianya yang muda. Dan cocok untuk Kota Tangsel,” kata dia. 

Baca Juga: Pemkot Tangsel Janji Bakal Segera Benahi Genangan di Ceger Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya