Kasus COVID-19 di Lebak Terus Meningkat, Ini Penyebabnya! 

Iti larang warganya keluar masuk Lebak di masa wabah

Lebak, IDN Times - Kasus COVID-19 di Kabupaten Lebak semakin meningkat, demikian diungkap Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya. Dalam sebuah video berdurasi 2 menit 51 detik yang beredar, Senin (31/8/2020), Iti menyebut, jumlah terbaru kasus positif COVID-19 kembali bertambah menjadi 53 orang.

“Saya ingin menginformasikan bahwa saat ini yang terkonfirmasi positif COVID-19 sudah meningkat, lonjakannya cukup tinggi,” kata Iti.

Baca Juga: Pemprov Minta Denda Tak Bermasker di Lebak Turun Jadi Rp100 Ribu 

1. Kasus meningkat karena aktivitas warga dari dan ke Lebak

Kasus COVID-19 di Lebak Terus Meningkat, Ini Penyebabnya! ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Iti menyebut, beberapa kasus positif COVID-19 yang menyebabkan melonjaknya angka konfirmasi positif dalam beberapa hari terakhir menjelang penerapan Perbup Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) karena aktivitas warga dari dan ke luar Lebak.

“Yang banyak terkonfirmasi positif ini karena perjalanan ke luar,” ungkap dia.

2. Iti minta warga jangan keluar masuk Lebak di masa pandemik

Kasus COVID-19 di Lebak Terus Meningkat, Ini Penyebabnya! Warga yang keluar dari pasar memasuki bilik disinfektan di Pasar Tradisional Rangkasbitung di Lebak, Banten (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Untuk mencegah semakin melonjaknya kasus positif yang merupakan imported case, Iti meminta masyarakat mengingatkan keluarganya agar tidak keluar-masuk Lebak.

“Masyarakat untuk memberikan pengertian dan imbauan kepada keluarganya untuk tidak keluar-masuk Kabupaten Lebak, sehingga ini menimbulkan penularan yang cukup tinggi,” imbaunya.

3. Iti juga larang ASN keluar daerah tanpa izin

Kasus COVID-19 di Lebak Terus Meningkat, Ini Penyebabnya! Antrean di Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (8/6). (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Selain itu, Iti juga mengeluarkan instruksi tegas untuk aparatur sipil negara (ASN) menyusul melonjaknya kasus positif COVID-19. Instruksi ini keluar setelah salah seorang ASN dinyatakan positif Covid-19.

Iti mengingatkan, ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Maka dari itu, ia melarang ASN bepergian ke luar daerah tanpa izin.

Baca Juga: Duh, Kabid di Dinas UKM Lebak Positif COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya