Kawasan Kubah Bayah di Lebak Diajukan Jadi Geopark ke KNGI 

Pengajuan ini dilakukan Pemprov Banten

Lebak, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten segera mengusulkan Taman Bumi atau Kubah Bayah di Kabupaten Lebak menjadi taman bumi nasional ke Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI).

"Geopark Bayah Dome secara bersama-sama akan kita usahakan menjadi geopark (taman bumi) nasional," kata Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (12/7/2023).

Al mengatakan, penetapan Taman Bumi Kubah Bayah sebagai taman bumi nasional diharapkan dapat mendukung upaya pengembangan destinasi wisata dengan melibatkan masyarakat di Provinsi Banten.

Baca Juga: Pemkab Lebak Setujui Kawasan Baduy Tanpa Internet

1. Bayah dome mencakup luas 201.537 hektare

Kawasan Kubah Bayah di Lebak Diajukan Jadi Geopark ke KNGI Live IG Salam Ramadan: Cerita Indonesia bersama dengan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya pada Selasa (27/4/2021). (IDN Times/Ita Malau)

Berdasar Keputusan Bupati Lebak Nomor: 050/Kep.114-BAPELTIBANGDA/2023, Geopark Bayah Dome mencakup area seluas 201.537 hektare yang meliputi 179 desa dan lima kelurahan di 15 kecamatan.

Penjabat Gubernur Banten menandatangani surat rekomendasi penetapan Taman Bumi Kubah Bayah sebagai taman bumi nasional sebagai bagian dari upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

"Geopark ini pada dasarnya merupakan model baru dari pembangunan berkelanjutan, dan kita sebagai perwakilan pemerintah pusat yang ada di daerah mendukung akan hal itu," kata Al Muktabar.

2. Pengajuan ini untuk sejahterakan masyarakat

Kawasan Kubah Bayah di Lebak Diajukan Jadi Geopark ke KNGI Dok. Pemkab Lebak

Sementara itu, beberapa waktu lalu, Iti Octavia Jayabaya saat menjabat sebagai Bupati Lebak menyampaikan bahwa upaya pengusulan Taman Bumi Kubah Bayah menjadi taman bumi nasional ditujukan untuk meningkatkan upaya konservasi dan menyejahterakan masyarakat.

"Konservasi menjadi penting untuk dikolaborasikan dengan kegiatan pembangunan melalui pariwisata yang berkelanjutan, salah satunya melalui geopark ini," kata Iti.

Menurut dia, pengusulan Kubah Bayah menjadi taman bumi nasional juga merupakan bagian dari upaya untuk mengembangkan potensi lokal guna mengakselerasi pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: ESDM Tetapkan Kawasan Bayah Dome Jadi Geopark

3. Apa itu geopark?

Kawasan Kubah Bayah di Lebak Diajukan Jadi Geopark ke KNGI Salah satu lukisan gua di Taman Purbakala Sumpang Bitta yang masuk dalam kawasan Geopark Maros-Pangkep. (Dok. Humas Geopark Maros-Pangkep)

Untuk diketahui, Geopark adalah sebuah wilayah geografi yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang menyatu di dalamnya, yang dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya