Khawatir Banjir Saat Musim Hujan, Pemkot Tangerang Lakukan Persiapan

BMKG prediksi musim penghujan datang di November

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, musim penghujan akan mulai tiba pada bulan November mendatang. Pemerintah Kota Tangerang pun bersiap.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono menuturkan, pihaknya saat ini sedang memfokuskan pekerjaan terkait pembangunan, peningkatan, perawatan, dan pemeliharaan infrastuktur dan alat-alat pengendali banjir, seperti saluran air, drainase, turap, pintu air, pompa air dan sebagainya.

Baca Juga: BMKG: Kota Tangerang Masuki Musim Hujan pada November

1. Pembangunan dalam upaya penanganan banjir sudah 40 persen

Khawatir Banjir Saat Musim Hujan, Pemkot Tangerang Lakukan PersiapanDok. Pemkot Tangerang

Berdasarkan data terbaru yang dirilis Dinas PUPR Kota Tangerang, saat ini sedang berjalan di 339 paket pekerjaan dan pengadaan dengan capaian ketuntasan progresnya secara keseluruhan mencapai 40 persen.

“Kami terus melakukan pengecekan, pembangunan, perawatan, dan pemeliharaan terkait berbagai infrastuktur pengendali banjir di Kota Tangerang. Salah satunya, kami telah menyiapkan 233 pompa pengendali banjir yang siap dioperasikan di berbagai wilayah jika nanti membutuhkan,” kata Ruta Ireng, Kamis (19/10/2023).

2. Pekerjaan yang dilakukan sesuai masterplan penanganan banjir

Khawatir Banjir Saat Musim Hujan, Pemkot Tangerang Lakukan PersiapanDok. Humas Pemkot Tangerang

Ruta mengatakan, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan tim lapangan yang tersebar di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

Secara periodik, Dinas PUPR Kota Tangerang juga bekerja sama dengan perangkat kewilayahan untuk mulai memetakan, merencanakan, dan menyiapkan berbagai langkah-langkah antisipasi berdasarkan evaluasi yang telah terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

“Seluruh pekerjaan yang kami lakukan juga berdasarkan master plan pengendali banjir di Kota Tangerang yang telah disusun sejak tahun 2017. Terbukti, kami setiap tahun berhasil menurunkan luasan genangan antara 43 sampai 44 hektar setiap tahun sesuai dengan target yang ditentukan,” kata dia.

3. Masyarakat diminta ikut kolaborasi

Khawatir Banjir Saat Musim Hujan, Pemkot Tangerang Lakukan PersiapanIlustrasi transportasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Selain itu, Dinas PUPR Kota Tangerang juga mendorong partisipasi aktif dari masyarakat untuk turut memberikan kontribusi kolektif dalam rangka mengantisipasi musim penghujan dan potensi banjir di Kota Tangerang.

“Kami juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kerja kolaborasi bersama-sama untuk membantu merawat infrastuktur, menjaga lingkungan, dan meningkatkan kerja bakti untuk mengantisipasi ini semua,” kata dia.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya