Layanan Transportasi Pemkot Tangerang Dilengkapi TOB

PT TNG juga meluncurkan aplikasi Trans Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Tangerang, yakni PT Tangerang Nusantara Global (TNG), meluncurkan aplikasi Trans Tangerang sekaligus sistem pembayaran Tap On Bus (TOB) pada BRT Kota Tangerang.

Peluncuran dilakukan bersama Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Jumat (11/8/2023).

Direktur Utama PT TNG Edi Candra mengungkapkan, dengan launching ini pengguna BRT Kota Tangerang sudah lebih mudah dalam akses dan lebih mudah dalam pembayaran.

Baca Juga: Tata Cara Mengurus Pencatatan dan Pengesahan Anak di Kota Tangerang

1. Melalui Trans Tangerang, waran bisa mengetahui jadwal bus

Layanan Transportasi Pemkot Tangerang Dilengkapi TOBDok. Humas Pemkot Tangerang

Yakni, lanjut Edi, dengan aplikasi Trans Tangerang penumpang bisa mengetahui informasi BRT Kota Tangerang hanya dalam satu genggaman. Warga bisa mendapatkan informasi, mulai dari info rute, bus terdekat, halte, jam operasional, hingga petunjuk perjalanan penumpang.

Edi berharap, dengan aplikasi ini, penumpang akan lebih nyaman dalam menggunakan Bus Tayo. "Ragam menu dan fitur akan memudahkan, beli tiket dalam aplikasi serta estimasi kedatangan armada pada halte terdekat juga dapat diakses,” jelasnya.

2. Pembayaran bus milik Pemkot Tangerang juga bisa gunakan payment gateway

Layanan Transportasi Pemkot Tangerang Dilengkapi TOBPelanggan menggunakan GoPay sebagai transaksi digital di Pempek Lala. (dok. GoPay)

Edi menjelaskan, pengguna Bus Tayo secara pembayaran juga lebih mudah, bisa melakukan pembayaran dengan Bank BCA yaitu dengan Flazz, Bank BNI dengan TapCash, Bank Mandiri dengan E-Money dan Bank BRI dengan Brizzi.

Sebagai tahap awal, baru 10 unit Bus Tayo tersedia mesin TOB, dan akan diterapkan diseluruh Bus Tayo pada akhir bulan Agustus.

"Selama ini pembayaran pada BRT hanya berbasi pada Qris saja, melalui Ovo, GoPay, Dana atau LinkAja. Sekarang transaksi pembayaran lebih mudah dengan menggunakan sistem Tap On Bus, tak hanya sekadar fasilitas Qris saja,” kata Edi.

3. Dengan layanan ini penumpang tak perlu bayar cash

Layanan Transportasi Pemkot Tangerang Dilengkapi TOBilustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Edi mengimbau, dengan bertambahnya kemudahan pembayaran pada BRT, seluruh penumpang dapat berkomitmen untuk tidak lagi melakukan pembayaran dengan cash atau tunai.

"Kami PT TNG sebagai pengelola, mengimbau masyarakat atau para penumpang Tayo atau BRT Kota Tangerang, untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Baik menggunakan Qris maupun tap on bus pada empat bank yang telah bekerja sama hari ini," kata dia.

Baca Juga: Bus Tayo Dan Angkot Si Benteng di Tangerang Kini Gak Gratis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya