Lebaran Usai, Pendatang Baru Diminta Segera Daftar ke Dukcapil Tangsel

Pendaftaran bisa melalui website loh, gampang!

Tangerang Selatan, IDN Times - Salah satu fenomena yang kerap muncul usai lebaran adalah munculnya para pendatang baru. Untuk itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Dedi Budiawan meminta mereka untuk mendaftarkan diri. 

Pendatang baru bisa mendaftar aplikasi Sipermen atau sistem pendaftaran penduduk nonpermanen. “Kami imbau untuk mendaftarkan diri ke website kami, di https://rumahdukcapil.tangerangselatankota.go.id,” kata Dedi, saat dikonfirmasi pada Kamis (27/4/2023).

Baca Juga: Gubernur Imbau Pemudik Gak Bawa Saudara untuk Adu Nasib di Banten

1. Pemkot Tangsel meniadakan pendataan door to door

Lebaran Usai, Pendatang Baru Diminta Segera Daftar ke Dukcapil TangselDok. Disdukcapil Tangsel

Dedi mengatakan, tidak akan ada operasi kependudukan terhadap pendatang baru musiman paska arus balik lebaran tahun ini.

“Tidak ada lagi pendataan door to door, karena tidak efektif butuh anggaran besar untuk honorarium tim. Semoga saja imbauan kami bisa diteruskan oleh para camat dan lurah,” kata Dedi.

2. Ini alasan Pemkot Tangsel gak gelar operasi yustisi

Lebaran Usai, Pendatang Baru Diminta Segera Daftar ke Dukcapil TangselIDN Times / Larasati Rey

Dedi mengatakan, ada sejumlah alasan tidak dilakukannya operasi kependudukan terhadap warga pendatang musiman di Tangsel, pada tahun ini. Mulai dari tidak efektifnya, sampai tingginya biaya operasional jika menggelar operasi tersebut.

“Pertama karena kejaksaan tidak lagi berkenan secara aturan untuk tindak pidana ringan (tipiring),” ujarnya.

3. Gubernur Imbau Pemudik Gak Bawa Saudara untuk Adu Nasib di Banten

Lebaran Usai, Pendatang Baru Diminta Segera Daftar ke Dukcapil TangselPj Gubernur Banten Al Muktabar (ketiga kiri) menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Serang, Kamis (2/6/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sebelumnya diberitakan, Pj Gubernur Banten Al Muktabar pun mengimbau pemudik tidak membawa sanak saudara atau keluarga untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan di Provinsi Banten.

Jika memang terpaksa harus ikut merantau ke Banten, calon pendatang harus mempersiapkan kemampuan dan keahlian di dunia industri.

"Memang Banten menjadi kawasan yang menarik tempat saudara kita se Indonesia itu bisa berupaya mengadu nasib di Banten," kata Al Muktabar, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: Puncak Arus Balik Terminal Poris Tangerang Diperkirakan 28-29 April

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya