Longsor Landa 4 Desa di Lebak, Tak Ada Korban Jiwa

Warga diminta waspadai cuaca buruk

Lebak, IDN Times - Kapolres Lebak AKBP Wiwin Setiawan mengatakan, empat desa di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak dilanda longsor dan banjir dipicu hujan deras disertai angin kencang dan petir, Rabu (16/2/2022). Wiwin memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Kami minta warga tetap waspada jika terjadi cuaca buruk, " kata Wiwin Setiawan dikutip dari Antara, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga: COVID-19 di Lebak Melonjak, Tapi Pasien Rawat Inap Minim

1. Ini daftar 4 desa yang terdampak

Longsor Landa 4 Desa di Lebak, Tak Ada Korban JiwaIlustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Empat desa itu antara lain Desa Gunung Wangun, Desa Neglasari, Desa Wanasari dan Desa Warung Banten Citorek.

Bahkan, bencana longsor di Desa Gunung Wangun telah menimpa rumah Adib (38) yang mengakibatkan rusak bagian dapur. Adib diduga merugi sekitar Rp30 juta.

Begitu juga tanah longsor yang menimpa rumah warga Yanto (37) dan mengakibatkan sebagian tembok rumah retak dan roboh dengan kerugian materiil sebesar 10 juta.

Sedangkan, Desa Neglasari juga terjadi bencana banjir di Kampung Carucub Girang yang merendam beberapa rumah yang ada di bantaran Sungai Cicarucub dan tempat ibadah Masjid Agung.

Saat ini, masyarakat yang terkena banjir mengungsi di rumah warga lain yang tidak tergenang banjir.

2. Pohon tumbang juga terjadi

Longsor Landa 4 Desa di Lebak, Tak Ada Korban JiwaPohon tumbang di halaman Masjid Agung Atsauroh di Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara di Desa Wanasari telah terjadi pohon tumbang di Kampung Tegallumbu yang mengakibatkan besi bagian pinggir jembatan rusak dan tidak menimbulkan korban jiwa.

"Untuk di Jalan Raya di Desa Warungbanten Citorek juga terjadi tanah longsor, tepatnya di Blok Sopal Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan untuk saat ini warga bersama dengan pekerja Dinas Pekerjaan Umum sedang membersihkan longsoran," ujar Wiwin Setiawan.

3. Warga diminta waspadai bencana alam di musi hujan

Longsor Landa 4 Desa di Lebak, Tak Ada Korban JiwaIlustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Dengan adanya kejadian tersebut, kata dia, Polres Lebak ikut turun untuk mengecek lokasi bencana. Polisi berkoordinasi dengan Muspika, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

"Serta mengimbau warga untuk waspada bencana alam di musim penghujan," katanya.

Baca Juga: Waspada Banjir Dan Longsor, Pandeglang dan Lebak Jadi Perhatian Khusus

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya