Masuki Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Siagakan 300 Personel

Alat operasional juga sudah disiagakan

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, mulai mengantisipasi terjadinya bencana di masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Salah satu persiapannya adalah personel. 

Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan mengungkapkan, pihaknya menyiagakan 300 personel yang bekerja secara shift selama 24 jam penuh. Mereka juga akan berkoordinasi dengan pihak eksternal untuk mengantisipasi bencana memasuki musim penghujan.

Beberapa koordinasi dilakukan dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait prakiraan cuaca dan koordinasi dengan petugas Pintu Air Batu Belah terkait aliran air kiriman dari Bogor.

"BPBD Kota Tangerang juga telah mendata dan cek ulang seluruh sarana-prasarana pendukung yang dibutuhkan saat penanganan bencana. Mulai dari, 24 kendaraan yang terdiri kendaraan pemadam, tangki air, kendaraan berat hingga operasional," kata Maryono, Senin (6/11/2023).

Baca Juga: Banten Kambali Tempati Ranking Satu Pengangguran Terbanyak

1. Alat-alat penyelematan juga disiapkan

Masuki Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Siagakan 300 PersonelBanjir Ciledug Indah, Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga sudah menyiagakan 16 unit perahu, 24 unit pompa alkon dan 100 lebih pelampung penyelematan, serta ragam tali menali yang dibutuhkan.

Maryono mengatakan, untuk persiapan di wilayah pemukiman, pihaknya telah membentuk Kampung Tangguh Bencana di 65 kelurahan, yang berpotensi terjadi banjir, yakni Kecamatan Periuk, Neglasari, Jatiuwung, Cipondoh, Pinang, Ciledug dan Kecamatan Karang Tengah.

"Dalam proses penanganan evakuasi awal, BPBD Kota Tangerang juga telah menyiagakan pelampung, jas hujan, senter, handy talkie atau alat komunikasi HT, dan peralatan lainnya, di seluruh Kampung Tangguh Bencana yang ada," kata dia.

Petugas BPBD Kota Tangerang juga telah mengedukasi dan membina warga setempat untuk proses penyelamatan awal jika bencana benar-benar melanda.

2. Masyarakat diminta waspada, memasuki musim hujan

Masuki Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Siagakan 300 PersonelBanjir Ciledug Indah, Kota Tangerang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Maryono mengimbau, masyarakat Kota Tangerang untuk sama-sama mewaspadai beberapa bencana yang kerap terjadi di musim penghujan, seperti banjir dan angin kencang.

"Jangan membuang sampah dan rutin memilah sampah, tidak berteduh di bawah pohon atau reklame yang berpotensi tumbang saat angin kencang, dan rutin melihat info perkiraan cuaca sebelum beraktivitas di luar ruangan," imbaunya.

3. Butuh pertolongan? Hubungi ini

Masuki Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Siagakan 300 PersonelIlustrasi Hotline. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebagai informasi, jika masyarakat Kota Tangerang membutuhkan bantuan terkait bencana banjir atau lainnya. BPBD Kota Tangerang memiliki emergency call di 112 dan nomor piket 24 jam di 021-5582144.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kafe Dessert di Tangerang, Ada Es Batu Beruang!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya