Mengenal Rumah Muda Indonesia, Komunitas Anak Muda di Kota Tangerang

Komunitas ini lahir dari munculnya masalah sosial anak muda

Kota Tangerang, IDN Times - Keresahan dan kekhawatiran Iman Maulana mengenai permasalahan sosial, termasuk kenakalan remaja, mendorongnya mendirikan Komunitas Rumah Muda Indonesia di Kota Tangerang.

Rumah Muda Indonesia dia dirikan bersama beberapa teman dekatnya untuk menjadi wadah pemuda bergerak mengabdi ke masyarakat.

Iman mengatakan, komunitasnya bergerak di bidang sosial, Rumah Muda menjadi tempat bagi siapapun pemuda yang ingin mengembangkan dan memberdayakan diri sehingga mampu memberikan manfaat dan menjadi pelopor penggerak pemberi edukasi kepada masyarakat.

"Tepat pada 30 Juli 2021 Rumah Muda Indonesia diresmikan. Saat itu masih masa pandemik, kegiatan pertama kali ikut serta membantu kegiatan vaksinasi, saat itu pemerintah kekurangan tenagas input data vaksinasi," kata Iman, Senin (9/10/2023).

Baca Juga: Persikota Kota Tangerang Siap Arungi Kompetisi Liga 3

1. Rumah Muda Indonesia juga memberi layanan konseling psikologi

Mengenal Rumah Muda Indonesia, Komunitas Anak Muda di Kota TangerangIlustrasi Psikologi ( pexels.com)

Iman menjelaskan, kegiatan yang ia lakukan lalu berlanjut dengan mengadakan deep talk psikologi yang bekerja sama dengan Yapmi Boarding School berupa screening dan assesment untuk 68 orang korban kekerasan yang telah mendaftar.

"Deep talk psikologi juga diadakan untuk anak-anak agar memiliki potensi, akhlak, dan mental yang siap menghadapi tantangan hidup masa kini dan nanti," kata Iman yang merupakan alumni Universitas Islam Syech Yusuf (Unis) Tangerang ini.

2. Rumah Muda Indonesia punya banyak program lain

Mengenal Rumah Muda Indonesia, Komunitas Anak Muda di Kota TangerangDok. Rumah Muda Indonesia

Iman mengatakan, di bidang pendidikan dan sosial Rumah Muda memiliki program les privat yang terjangkau bagi masyarakat, seperti program wisata ratusan yatim, penghafal Quran bersama artis dan tokoh.

"Kami memberdayakan anggota kami untuk berkontribusi ke masyarakat melalui program les privat, kegiatan sosial kemasyarakatan," ujarnya

Selain itu dalam rangka meningkatkan kapasitas pemuda, Rumah Muda rutin menggelar pelatihan public speaking dan pelatihan kepemimpinan pemuda setiap tiga bulan sekali.

"Diharapkan Rumah Muda Indonesia menjadi lembaga yang mampu menciptakan ruang untuk berfikir, berkembang, dan berpotensi serta mampu menciptakan ekonomi kreatif," kata Iman.

3. Rumah Muda Indonesia juga berusaha aktif mengawal demokrasi di Kota Tangerang

Mengenal Rumah Muda Indonesia, Komunitas Anak Muda di Kota TangerangIlustrasi DPRD Kota Tangerang (Facebook: DPRD Kota Tangerang)

Di usianya yang baru dua tahun, Rumah Muda Indonesia di Kota Tangerang ini juga aktif dalam mengawal demokrasi dengan memberikan masukan kepada kebijakan-kebijakan pemerintah.

"Kami juga melakukan kajian-kajian terhadap kebijakan pemerintah dan terkait kondisi sosial masyarakat," kata dia.

Saat ini Rumah Muda memiliki anggota yang teregister sebanyak 158 pemuda dengan 22 pengurus. Rumah Muda terbuka menjalin kolaborasi baik dari pemerintah, swasta dan masyarakat.

"Terbaru kami menginisiasi Tangerang Fashion Show yang berkolaborasi dengan Hawa Modelling School. Terdapat 12 desainer lokal dan nasional yang melakukan show model rancangannya," kata Iman.

Baca Juga: Persikota Kota Tangerang Siap Arungi Kompetisi Liga 3

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya