Milenial dan Gen Z Dominasi Suara Terbanyak pada Pemilu 2024 di Banten

Dari 8,8 juta pemilih, 62,02 persennya anak muda nih

Serang, IDN Times - Generasi ilenial dan Z dipastikan menjadi generasi dengan pemilik suara terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, baik nasional maupun Banten secara khusus.

Hal tersebut seperti diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Aas Satibi dalam acara GenZ Memilih by IDN Times, Rabu (1/11/2023).

Aas mengungkap, ada 8,8 juta lebih pemilih di Banten dan jumlah ini didominasi dua kelompok usia memilih, milenial dan Gen Z. 

"Pemilih usia milenial itu ada 40,04 persen pemilih, yang lahir 1981 sampai 1996. Gen Z kalau dalam catatan kami 21,58 persen. Jadi dua kategori pemilih ini kalau digabung itu 62,02 persen," kata Aas.

Baca Juga: HUT Ke-23 Banten, Ini Pencapaian Positif Pemprov Banten

1. Angka pemilih kelompok muda ini membuat Banten menarik

Milenial dan Gen Z Dominasi Suara Terbanyak pada Pemilu 2024 di BantenKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurut Aas, angka itu akan membuat Banten menjadi wilayah yang menarik bagi para peserta pemilu, baik pada pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg).

"Dari sisi wilayah, Banten juga dekat dengan Jakarta. Akses di delapan kabupaten kota relatif lebih mudah dibandingkan dengan provinsi lain. Hanya delapan kota kabupaten pemilihnya ada 8,8 juta," kata dia.

Baca Juga: Jadi Rebutan Cak Imin Dan Mahfud, ke Mana Suara NU di Banten?

2. Pemilu 2024 dilakukan serentak

Milenial dan Gen Z Dominasi Suara Terbanyak pada Pemilu 2024 di BantenIlustrasi Pemilu. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, Aas juga menjelaskan Pemilu 2024 secara umum. Dia mengungkap, pemilihan presiden dan wakilnya, anggota DPR, DPD, DPRD tingkat provinsi dan kota kabupaten hingga pemilihan kepala daerah dilakukan di tahun yang sama.

"Untuk Pilkada baik tingkat provinsi maupun kota kabupaten dilakukan di waktu yang berjarak dengan pilpres dan pileg," kata Aas.

3. Pemilih, ingat akan ada 5 kertas suara di 14 Februari 2024, ya~

Milenial dan Gen Z Dominasi Suara Terbanyak pada Pemilu 2024 di BantenTiga pasangan capres-cawapres 2024 (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk pilpres dan Pileg, lanjutnya, dilakukan pada 14 Februari 2024. Pemilih dia minta untuk mengecek apakah namanya sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum. 

Jika sudah terdaftar, pemilih kemudian bisa mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos.  "Perlu diingat, kertas suara yang diberikan itu lima kertas suara (pada 14 Februari 2024)," ungkapnya.

Sejauh ini, ungkap Aas, semua proses dan jadwal menuju Pemilu 2024 sudah berjalan dengan baik? "Belum ada kendala yang kira-kira sampai menghambat," kata dia. 

Baca Juga: Kadinkes: Ada 7 Warga Banten Suspek Cacar Monyet 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya