Milenial dan Gen Z Senang Pemimpin Autentik Gak Gimik

Pemimpin yang menyerap aspirasi anak muda

Serang, IDN Times - Sebagian besar suara pemilih di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah anak muda. Nah, generasi muda yang terdiri dari milenial dan Gen Z itu mencari pemimpin yang seperti apa? 

"Kita perlu pemimpin yang autentik. Tipikal Gen Z dan milenial itu enggak suka sosok yang hanya gimik," kata Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, Muhammad Abid Al Akbar dalam acara GenZ Memilih by IDN Times, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Milenial dan Gen Z Dominasi Suara Terbanyak pada Pemilu 2024 di Banten

1. Ingin pemimpin yang serap asprasi anak muda, bukan yang...

Milenial dan Gen Z Senang Pemimpin Autentik Gak GimikIDN Times/Aldila Muharma

Abid mengatakan, milenial dan Gen Z mendambakan pemimpin yang mennyerap aspirasi anak muda, bukan sekadar berusia muda dan berpakaian seperti anak muda.

"Misalkan dia (capres/cawapres) pakai pakaian anak muda seakan-akan terlihat muda, padahal visi-misinya tidak menyerap aspirasi anak muda. Apakah sosok pemuda sudah pasti memperjuangkan hak-hak kaum muda? Belum tentu," kata dia.

Milenial dan Gen Z Senang Pemimpin Autentik Gak GimikTiga pasangan capres-cawapres 2024 (IDN Times/Aditya Pratama)

2. Ingin pemimpin yang berintegritas

Milenial dan Gen Z Senang Pemimpin Autentik Gak GimikIDN Times/Aldila Muharma

Sementara, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Michele Miharja di acara yang sama mengatakan, bahwa milenial dan Gen Z sangat ingin pemimpin yang punya integritas dan visioner.

"Agar kami benar-benar bisa menikmati apa yang dijanjikan nanti, sebagai rakyat kami senang nantinya," kata Michele.

3. Milenial dan Gen Z jadi pemilih mayoritas di Banten pada Pemilu 2024

Milenial dan Gen Z Senang Pemimpin Autentik Gak GimikIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Generasi Milenial dan Z dipastikan menjadi generasi dengan pemilik suara terbanyak pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang diselenggarakan di Provinsi Banten.

Hal tersebut seperti diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, Aas Satibi dalam acara GenZ Memilih by IDN Times, Rabu (1/11/2023).

Aas mengungkap, ada 8,8 juta lebih pemilih di Banten dan jumlah ini didominasi dua kelompok usia memilih, milenial dan Gen Z. 

"Pemilih usia milenial itu ada 40,04 persen pemilih, yang lahir 1981 sampai 1996. Gen Z kalau dalam catatan kami 21,58 persen. Jadi dua kategori pemilih ini kalau digabung itu 62,02 persen," kata Aas.

Baca Juga: Kadinkes: Ada 7 Warga Banten Suspek Cacar Monyet 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya