MUI Kota Tangerang: Maaf-Maafan Lebaran Gak Perlu Peluk-pelukan

Karena masih pandemik, kamu ga perlu cipika-cipiki juga yah!

Kota Tangerang, IDN Times - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang KH Baijuri Khotib meminta masyarakat yang ingin bermaaf-maafan saat Lebaran, tetap menjaga jarak. Dengan protokol kesehatan, silaturahmi tidak perlu peluk-pelukan, usai alat id. 

"Ketika silaturohim itu cukup sebatas bermushafahahnya itu dengan cakupan tangan di depan dada sambil menunduk, tidak perlu berpelukan dulu yah apa lagi cipika cipiki, karena kita masih pada masa pandemik," kata Baijuri, Selasa (26/4/2022).

1. Protokol kesehatan tetap harus ketat

MUI Kota Tangerang: Maaf-Maafan Lebaran Gak Perlu Peluk-pelukanIlustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Baijuri mengatakan, meski tahun ini MUI dan Pemerintah sudah membolehkan pelaksanaan salat id di masjid dan lapangan terbuka, akan tetapi masyarakat harus tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan, imbuhnya, bisa dilaksanakan dengan cara yang selama ini sudah tersosialisasi, termasuk pakai masker dan mencuci tangan. "Bawa alat salatnya dari rumah masing-masing. Masjid juga kita imbau tidak menggelar karpet," kata dia. 

Sementara untuk saf, imbuhnya, pengurus masjid sudah bisa mengatur. 

2. DMI persiapkan masjid-masjid jelang Idulfitri

MUI Kota Tangerang: Maaf-Maafan Lebaran Gak Perlu Peluk-pelukanMasjid Al Azhom, Kota Tangerang (Antaranews)

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang H. Heryanto juga menyampaikan bahwa DMI Kota Tangerang sudah mempersiapkan masjid-masjid untuk melaksanakan Salat Idulfitri 1443.

"Kami juga sudah melakukan bersih-bersih masjid dan mengimbau kepada seluruh DKM di Kota Tangerang untuk mempersiapkan segala sesuatunya dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Heryanto.

3. Wapres: Salat Idulfitri di masjid dan lapangan tahun ini boleh

MUI Kota Tangerang: Maaf-Maafan Lebaran Gak Perlu Peluk-pelukanWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah tahun ini  mengizinkan salat Idulfitri dilaksanakan di masjid dan lapangan. Hal itu karena kasus aktif COVID-19 di Indonesia sudah melandai.

“Dalam rangka pelaksanaan Idulfitri nanti, nah memang kita membolehkan (salat Idulfitri) di masjid, di lapangan, semua boleh. Hanya memang protokol kesehatan dijaga," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Rekomendasi Ruko Strategis di Tangerang, Cocok untuk Pengusaha Muda

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya