Mulai Januari 2022, Kota Tangerang Terapkan PTM 100 Persen 

Sebelumnya, PTM akan diuji coba

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang tengah mempersiapkan Pendidikan Tatap Muka (PTM) dengan 100 persen kapasitas. Jika tak ada aral, rencana ini akan dilaksanakan 3 Januari 2022.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, sebagai langkah awal antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah sebelum PTM, Pemkot akan melakukan surveilans aktif kepada guru, mulai dari tingkat TK hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kita akan lakukan tes secara acak ke guru - guru TK, SD hingga SMP di tanggal 3 Januari. Sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus COVID-19," kata Arief, Kamis (30/12/2021).

1. Kapasitas ruang kelas ditingkatkan

Mulai Januari 2022, Kota Tangerang Terapkan PTM 100 Persen Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Untuk mekanismenya, lanjut Arief, PTM Terbatas akan berlangsung dalam tiga hari pertemuan dalam satu minggu dengan kapasitas siswa sebanyak 100 persen dalam kelas pada bulan pertama

"Kita tingkatkan dibanding sebelumnya yang hanya satu sampai dua kali dalam seminggu," ungkapnya.

2. PTM 100 persen akan rutin dievaluasi

Mulai Januari 2022, Kota Tangerang Terapkan PTM 100 Persen Arief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

Arief menambahkan nantinya Pemkot Tangerang akan mengevaluasi terhadap mekanisme PTM Terbatas pada bulan kedua.

"Jika aman, maka akan ditingkatkan lagi hingga lima pertemuan sepekan dengan kapasitas 100 persen," jelas Arief.

3. Komunikasi dengan ahli akan dilakukan

Mulai Januari 2022, Kota Tangerang Terapkan PTM 100 Persen unsplash.com/cdc

Kendati demikian, Arief mengaku akan tetap berkomunikasi dengan para ahli, mulai dari kedokteran hingga epidemolog terkait mekanisme PTM Terbatas yang akan dijalankan, serta optimalisasi vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun.

"Intinya kesehatan dan keselamatan masyarakat tetap menjadi prioritas Pemkot Tangerang," kata Arief.

Baca Juga: Arief Akui Faskes Kota Tangerang Belum Mampu Deteksi Omicron

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya