Panas Ekstrem, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspada

Jangan membakar sampah sembarangan yah!

Kota Tangerang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat untuk waspada menghadapi cuaca panas yang tengah terjadi.  Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan, ada perubahan iklim global yang mendunia yang tidak bisa dianggap remeh.

Untuk itu, dia meminta warga Kota Tangerang tetap perlu waspada dan antisipasi dan hendaknya mengurangi aktivitas di luar ruangan atau keluar rumah pada siang hari.

“Cegah dehidrasi dengan minum air putih secukupnya dan sebaiknya jangan menunggu haus agar tubuh tidak drop. Hindari kontak dengan sinar matahari secara langsung, gunakan pelindung diri seperti topi atau payung,” ungkap Maryono, saat dihubungi, Kamis (27/4/2023).

Baca Juga: Panas Ekstrem, Pemudik di Kota Tangerang Keluhkan Sakit Kepala

1. Jangan lupa pakai krim tabir surya

Panas Ekstrem, BPBD Kota Tangerang Minta Warga WaspadaIlustrasi kemarau. Tanah tambak mengering di Kecamatan Mangara Bombang, Takalar, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2019) (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Maryono mengatakan, hendaknya jangan meninggalkan barang apapun yang bisa menyebabkan panas atau siapapun di dalam kendaraan dalam kondisi parkir baik dengan jendela terbuka maupun tertutup.

Dia juga mengimbau, warga menggunakan krim tabir surya atau sunscreen pada kulit yang tidak tertutup baju sebelum ke luar rumah.

“Yang penting lagi tidak membakar sampah sembarangan. Jika membakar sampah harus ditunggui meski itu kecil. Jika abai akan berakibat fatal," kata Maryono.

2. Warga juga diminta waspadai penggunaan alat elektronik

Panas Ekstrem, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspadapexels.com/Martus Spiske

Khusus pemakaian peralatan elektronik, lanjutnya, agar penggunaan stop kontak dicabut usah pemakaian.

"Agar tidak menimbulkan gesekan arus listrik yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran,” jelas Maryono.

3. Personel BPBD disiagakan

Panas Ekstrem, BPBD Kota Tangerang Minta Warga WaspadaSatgas yang terdiri dari unsur BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri, Satpol PP, Damkar dan masyarakat bekerja sama untuk memadamkan titik api di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Jumat (30/7/2021). (Dok. BPBD Tanah Laut)

Maryono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan diintruksikan BPBD untuk menyiapkan seluruh personel dalam menghadapi cuaca panas. Hal ini sebagai kesiapsiagaan, dimana musim panas memudahkan timbulnya pecikan-percikan yang mengakibatkan kebakaran.

"Jadi, ayo semuanya bergerak untuk waspada dan bersiaga, sehingga semua hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir dengan baik dan tepat,” katanya.

Baca Juga: Viral Kakek di Serang Punya Tabungan Rp104 Juta!

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya