Pandemi Corona, Mayoritas Masjid di Tangsel Tetap Gelar Salat Jumat

Kemenag: masjid besar sudah tak laksanakan Salat Jumat

Tangerang Selatan, IDN Times - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Heli Selamet Sumardi mengungkap, sebagian besar masjid di Tangsel masih melaksanakan kegiatan Salat Jumat.

"Masih sebagian besar masih melaksanakan, saya belum cek ke Bani Umar, tapi sebagian besar kemungkinan melaksanakan jumat, karena edaran MUI ini masih boleh menyelenggarakan Jumat," ujarnya kepada IDN Times, melalui sambungan telepon, Jumat (20/3).

Baca Juga: Warga Banten yang Meninggal Akibat COVID-19 Bertambah Jadi 3 Orang

1. DMI imbau masyarakat ikuti protokol penanganan COVID-19

Pandemi Corona, Mayoritas Masjid di Tangsel Tetap Gelar Salat JumatSalah seorang tamu di Hotel Four Point Makassar melakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermal scanner. IDN Times/Asrhawi Muin

Heli menuturkan, pihaknya telah mengimbau kepada masyarakat untuk menggantikan Salat Jumat dengan Salat Dzuhur di rumah masing-masing. Hal itu sejalan dengan protokol upaya pencegahan COVID-19.

"Kesulitan sendiri pas Salat Jumat adalah tidak bersentuhan, jarak 1 meter sementara shaf harus rapat, kemudian deteksi suhu, cuci tangan, alatnya sendiri di pasaran sulit," terangnya.

2. DMI Tangsel tak melarang dan menganjurkan Salat Jumat

Pandemi Corona, Mayoritas Masjid di Tangsel Tetap Gelar Salat JumatREUTERS/ https://www.businessinsider.sg/

Heli mengatakan, DMI sendiri tidak memberikan larangan atau anjuran kepada masjid yang tetap akan melaksanakan salat Jumat.

"Silakan saja kan ini berbagai pendapat, jadi kami ini kan masih belum masuk zona. Ini masih relatif aman ya silakan aja, kalau misalnya dirasa aman ya silakan saja, cuma ada penekanan, yang sakit diusahakan tidak berangkat," tutupnya.

3. Hampir semua masjid besar di Tangsel sudah tak lakukan salat Jumat

Pandemi Corona, Mayoritas Masjid di Tangsel Tetap Gelar Salat JumatDKM Masjid Raya Bandung mengumumkan menghentikan seluruh ibadah salat berjamah antisipasi penyebaran virus corona IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Tangsel (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Abdul Rojak mengatakan sebagian besar masjid-masjid besar di Tangsel sudah meniadakan salat Jumat hari ini.

"Masjid Al-i'tisom Pemkot Tangsel Pamulang, Masjid Nurul Huda Alam Sutera, Serpong Utara, Masjid Raya Bintaro Jaaya mulai tidak melaksanakan sholat Jumat," kata Rojak.

Baca Juga: Tidak Ada Salat Jumat di Masjid Istiqlal Selama 2 Minggu

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya