Paslon Pilkada Tangsel Cek Kesehatan di RSUD Tangerang Besok! 

RSU Tangsel belom sampai grade B

Tangerang Selatan, IDN Times - Pasca mendaftarkan diri sebagai kontestan Pilkada Tangsel 2020, tiga pasangan calon (Paslon) wali kota dan wakil wali kota selanjutnya mengikuti tes kesehatan. Tes kesehatan kepada tiga Paslon tersebut berlangsung selama 2 hari, mulai Selasa besok (8/9/9/2020). 

Tes kesehatan ini akan digelar di RSUD Kabupaten Tangerang, Jalan Ahmad Yani, Tangerang Kota.

"Tes kesehatan selama dua hari, hari pertama tes jasmani. Hari kedua tes rohani dan tes narkoba," kata komisioner KPU Tangsel, Achmad Mudjahid Zein, Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Bawaslu: 3 Paslon Pilkada Tangsel Langgar Protokol COVID-19 

1. Alasan mengapa tes kesehatan tidak dilakukan di RSUD Tangsel

Paslon Pilkada Tangsel Cek Kesehatan di RSUD Tangerang Besok! IDN Times/Muhamad Iqbal

Mudjahid mengatakan, alasan ketiga Paslon wali kota dan wakil wali kota Tangsel melakukan tes kesehatan di RSUD milik Pemerintah Kabupaten Tangerang dan bukan di RSUD Tangsel, karena rumah sakit pemerintah untuk tes kesehatan para calon minimal harus grade B.

"Kita pertama koordinasi dengan IDI, untuk meminta daftar rumah sakit daerah yang terakreditasi A. Kalau tidak A atau B. Disini yang paling dekat dengan Tangsel itu adalah RSUD yang di Ahmad Yani. Karena yang Tangsel belom grade B," ungkapnya.

2. Hasil tes kesehatan 11-12 September mendatang

Paslon Pilkada Tangsel Cek Kesehatan di RSUD Tangerang Besok! IDN Times/Muhamad Iqbal

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro menyebut, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan terhadap tiga calon wali kota dan wakil wali kota akan dilakukan pada 11-12 September mendatang.

"Kemudian verifikasi syarat calon tanggal 6 hingga 12 September. Dan pada tanggal 13-14 September, pemberitahuan hasil verifikasi," ujar Bambang.

3. Penetapan calon dilakukan 23 September 2020

Paslon Pilkada Tangsel Cek Kesehatan di RSUD Tangerang Besok! IDN Times/Muhamad Iqbal

Bambang mengatakan, masing-masing calon diberikan waktu hingga 22 September untuk lakukan perbaikan dokumen.

"Penetapan calon tanggal 23 September, dan pengundian nomor urut pada tanggal 24 September nanti," kata dia. 

Untuk diketahui, tiga paslon yang bakal bertarung di Pilkada Tangsel adalah Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, dan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

 Ketiganya pun oleh KPU dinyatakan telah melengkapi berkas persyaratan sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Sementara itu, Pilkada Serentak 2020 akan digelar pada 9 Desember mendatang. 

Baca Juga: Nih Daftar Bapaslon yang Maju di Pilkada Serentak 2020 di Banten 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya