Pasokan Air Berkurang Perumda Tirta Benteng Siapkan Antisipasi

Warga diminta enggak panik dan hemat dalam penggunaan air

Kota Tangerang, IDN Times - Bendungan Pintu Air 10 saat ini sedang rusak sebagian sehingga pasokan air tidak optimal. Perumda Tirta Benteng pun gerak cepat melakukan berbagai antisipasi agar air bersih pada pelanggan tetap lancar. 

Selain itu, musim kemarau pun menjadi tantangan tersendiri, di mana pasokan air semakin sedikit. 

Baca Juga: Bendungan Pintu Air 10 Jebol, Suplai Air PDAM Tirta Benteng Menurun

1. Pengerukan sedimentasi hingga penyedotan air menjadi pilihan

Pasokan Air Berkurang Perumda Tirta Benteng Siapkan AntisipasiIDN Times/Muhamad Iqbal

Direktur Utama Perumda Tirta Benteng Doddy Effendy mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi agar pasokan air pada pelanggan tidak berkurang. Upaya yang dilakukan di antaranya adalah pengerukan sedimentasi. 

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan penyedotan air dengan mesin untuk menambah produksi air baku jadi tidak hanya mengandalkan pada intake saja.

"Secepatnya, kami juga akan melakukan konsolidasi bersama dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan pengguna air lainnya untuk perawatan jangka panjang," kata Doddy dalam keterangan tertulis, Senin (24/7/2023).

2. Warga diminta menghemat air dan enggak panik

Pasokan Air Berkurang Perumda Tirta Benteng Siapkan AntisipasiIlustrasi Panik (IDN Times/Mardya Shakti)

Deddi mengimbau agar masyarakat tidak panik karena Perumda Tirta Benteng akan terus berupaya agar pasokan air tercukupi.

Untuk sementara, masyarakat diharapkan dapat menghemat penggunaan air dan juga memiliki stok air yang cukup selama proses penanganan kebocoran Bendungan Pintu Air 10 berlangsung. 

"Kami dari Perumda Tirta Benteng pasti terus berupaya bagaimana pasokan air pada pelanggan tidak berkurang atau bahkan berhenti. Jadi, masyarakat Kota Tangerang tidak perlu panik. Untuk saat ini, kami mengimbau sementara menghemat penggunaan air dan juga menampung atau stok air selama penanganan kebocoran di Pintu Air 10 berlangsung," kata dia.

3. Bendungan Pintu Air 10 jebol

Pasokan Air Berkurang Perumda Tirta Benteng Siapkan AntisipasiIlustrasi pengerjaan jaringan air PDAM. (Instagram.com/pdamsuryasembada)

Sebelumnya, Pintu bendungan Pintu Air 10 yang terletak di Pasar Baru, Karawaci, Kota Tangerang jebol. Hal tersebut menyebabkan pasokan air untuk PDAM Tirta Benteng terancam berkurang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah sempat meninjau kerusakan yang terjadi di bendungan tersebut. Dari 10 pintu air, kata dia, ada 5 yang rusak sehingga debit air Sungai Cisadane yang seharusnya tertampung malah terus mengalir.

"Dan permukaan airnya menjadi turun karena debit air terus berkurang. Dan otomatis suplai bahan baku air untuk PDAM pun juga jadi berkurang," jelas Arief, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: 10 Mal di Tangerang Raya untuk Bersantai dan Belanja

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya