Bendungan Pintu Air 10 Jebol, Suplai Air PDAM Tirta Benteng Menurun

Produksi air bersih PDAM Tirta Benteng berkurang 40 persen 

Tangerang, IDN Times - Pintu bendungan Pintu Air 10 yang terletak di Pasar Baru, Karawaci, Kota Tangerang jebol. Hal tersebut menyebabkan pasokan air untuk PDAM Tirta Benteng terancam berkurang.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah pun meninjau kerusakan yang terjadi di bendungan tersebut. dari 10 pintu air, kata dia, ada 4 yang rusak sehingga debit air Sungai Cisadane yang seharusnya tertampung malah terus mengalir. 

"Dan permukaan airnya menjadi turun karena debit air terus berkurang. Dan otomatis suplai bahan baku air untuk PDAM pun juga jadi berkurang," jelas Arief, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Tangerang Masuk Nominator Kota Layak Anak 2023, Apa Saja Fasilitasnya?

1. Arief minta BBWS C2 segera memperbaiki pintu bendungan

Bendungan Pintu Air 10 Jebol, Suplai Air PDAM Tirta Benteng MenurunDok. Pemkot Tangerang

Arief pun meminta kepada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS C2) selaku pengelola Bendungan Pasar Baru untuk segera memperbaiki kebocoran yang terjadi di Pintu Air 10 tersebut.

"Tadi saya sudah menelepon Kepala BBWS C2, Pak Bambang Heri Mulyono, dan saya sudah meminta agar perbaikan segera dilakukan secepatnya, apalagi sudah memasuki kemarau, dikhawatirkan suplai air bersih untuk masyarakat bisa berkurang jika tidak segera diperbaiki," kata Arief.

2. Arief minta Dinas PUPR koordinasi dengan BBWS C2

Bendungan Pintu Air 10 Jebol, Suplai Air PDAM Tirta Benteng MenurunDok. Pemkot Tangerang

Selain itu, Arief juga menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk terus berkoordinasi dengan pihak BBSW C2 dan juga dengan pihak PDAM terkait inventarisasi dan fasilitasi berbagai sarana penundukung agar proses perbaikan dapat berjalan optimal dan cepat.

"Kadis PU kerahkan juga petugasnya untuk membantu, koordinasikan juga dengan PDAM. Inventarisir dan laporkan terus update dan perkembangannya," tegasnya.

3. Dirut PDAM Tirta Benteng menyebut produksi air bersih berkurang 40 persen

Bendungan Pintu Air 10 Jebol, Suplai Air PDAM Tirta Benteng MenurunDok. Pemkot Tangerang

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Benteng Doddi Effendy menjelaskan bahwa akibat dari kerusakan yang terjadi di pintu air 10 tersebut mengakibatkan produksi air bersih PDAM Tirta Benteng kota Tangerang berkurang sampai 40 persen.

"Ketinggian air normalnya itu di atas 13 meter sekarang tinggal 10 meteran, ini berpengaruh ke intake PDAM yang produksinya menurun sampai 60 persen," jelasnya.

Baca Juga: Kadindik Banten Sidak MPLS SMA Negeri di Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya