Tangerang Masuk Nominator Kota Layak Anak 2023, Apa Saja Fasilitasnya?

Ada 24 faktor yang dinilai pada nominasi Kota Layak Anak

Tangerang, IDN Times - Kota Tangerang kembali masuk dalam nominator predikat Kota Layak Anak (KLA) pada tahun 2023. Sebelumnya, Kota Tangerang telah meraih predikat tersebut pada tahun 2019, 2021, dan 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempatan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Jatmiko mengatakan, KLA merupakan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

"Terdapat 24 indikator KLA yang terbagi dalam lima  kluster dan menjadi poin penilaian dalam evaluasi KLA," kata Jatmiko, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: Hindari Drama Anak Sekolah dengan Konseling Puspaga Kota Tangerang

1. Fasilitas ramah anak disediakan di berbagai kantor pelayanan dan swasta

Tangerang Masuk Nominator Kota Layak Anak 2023, Apa Saja Fasilitasnya?Dok. Pemkot Tangerang

Jatmiko mengungkapkan, selama ini, pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai unsur seperti swasta dan masyarakat umum untuk memenuhi berbagai fasilitas ramah anak di berbagai kantor pelayanan publik, swasta, maupun lingkungan tempat tinggal.

"Misalnya taman ramah anak oleh Disbudpar, sekolah ramah anak dari Dindik, dan Puskesmas ramah anak dari Dinkes," ungkap Jatmiko.

2. Pelayanan trauma healing juga ditingkatkan

Tangerang Masuk Nominator Kota Layak Anak 2023, Apa Saja Fasilitasnya?Dok. Pemkot Tangerang

Tak hanya itu, berbagai pelayanan untuk trauma healing anak pun telah disediakan oleh pihaknya. Di mana, hal tersebut untuk para korban kekerasan anak.

"Karena itu termasuk untuk memenuhi lima kluster indikator layak anak, yang terdiri dari hak sipil, pengasuhan alternatif, kesehatan, pendidikan dan perlindungan khusus," jelasnya.

3. Jatmiko minta seluruh unsur bekerja sama dalam memenuhi hak anak

Tangerang Masuk Nominator Kota Layak Anak 2023, Apa Saja Fasilitasnya?Dok. Pemkot Tangerang

Ia pun menjelaskan, komitmen dan dedikasi yang diberikan oleh Pemkot Tangerang bersama-sama dengan berbagai pihak selama ini, baik unsur swasta serta masyarakat, adalah elemen yang turut membawa Kota Tangerang kembali meraih penghargaan sebagai KLA di tahun 2023.

"Karena tidak bisa kalau dilakukan secara parsial, harus bersama-sama antara OPD dan juga pihak swasta bersama masyarakat, kualitas SDM yang mumpuni juga menjadi faktor penting untuk mendukung terciptanya sebuah kota yang layak anak," tuturnya.

Sebagai informasi, hasil evaluasi KLA akan diumumkan pada malam penghargaan Kab/Kota Layak Anak Tahun 2023 yang akan digelar pada 23 Juli 2023, bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional 2023, di Kota Semarang.

Baca Juga: Kadindik Banten Sidak MPLS SMA Negeri di Tangerang

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya