Pemkab Lebak Hentikan Pemeriksaan Kendaraan di Perbatasan

Pemkab ingin tekan sebaran lewat transmisi lokal

Lebak, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak menghentikan pemeriksaan terhadap kendaraan-kendaraan di sejumlah titik wilayah perbatasan.

“Gugus Tugas COVID-19 melakukan rapat terbatas pada Jumat 12 Juni 2020. Hasil evaluasinya, selain kasus positif COVID-19 karena bawaan dari luar daerah (imported cased) akibat aktivitas mudik dari zona merah, juga terjadi penularan melalui transmisi lokal,” kata Humas Penanganan COVID-19 Lebak, Doddy Irawan, Selasa (16/6).

Baca Juga: Satu Pasien COVID-19 di Lebak Meninggal

1. Pemkab ingin tekan penyebaran melalui transmisi lokal

Pemkab Lebak Hentikan Pemeriksaan Kendaraan di PerbatasanDok. Antaranews

Doddy mengatakan, dihentikannya pemeriksaan di wilayah perbatasan yang sebelumnya sudah berlangsung hampir tiga bulan bertujuan untuk mengintensifkan penekanan penyebaran COVID-19 melalui transmisi lokal.

“Surat keputusan penghentian pemeriksaan ditandatangani oleh Ibu Bupati Lebak selalu Ketua Pelaksana Gugus Tugas Penanganan COVID-19 hari ini,” terang Doddy.

2. Pemkab akan pertegas protokol kesehatan

Pemkab Lebak Hentikan Pemeriksaan Kendaraan di PerbatasanProtokol kesehatan di Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Sementara, terkait dengan masa transisi menuju new normal di tengah pandemik, Pemkab Lebak akan mempertegas pelaksanaan protokol kesehatan.

“Tegas dan disiplin serta mengatur interaksi orang di berbagai aspek ekonomi, sosial, budaya, perdagangan, kawasan tertentu dan fasilitas umum,” katanya.

3. Satu pasien COVID-19 Lebak meninggal

Pemkab Lebak Hentikan Pemeriksaan Kendaraan di PerbatasanIDN Times/Candra Irawan

Seorang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Lebak, Banten dilaporkan meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung.

"Warga yang meninggal dunia itu dari Kecamatan Cibeber berjenis laki-laki usia 59 tahun," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Triatno Supiono seperti ditulis kantor Antaranews, Senin (15/6).

Baca Juga: 220 Warga Lebak Dinyatakan OTG COVID-19

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya